Hallobogor.com, Bogor – Ujian Nasional (UN) setingkat SMA dimulai hari ini, Senin (4/4/2016). Tak terkecuali pelaksanaan UN juga dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Bogor.

Bertempat di ruang khusus aula Baharudin Soeryobroto, sebanyak 12 warga binaan Lapas Klas II Bogor menjalani UN Paket C. Hari pertama mereka menjalani soal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Geografi dengan diawasi petugas Dinas Pendidikan (Disdik) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kota Bogor.

Dengan duduk terpisah masing-masing terpaut sekira 1 meter, mereka terlihat dengan seksama mengerjakan soal-soal ujian yang terbagi dua sesi itu. Pertama UN dilaksanakan dimulai pukul 13.30 hingga 15.30 WIB. Sementara ke dua dimulai pukul 16.00 hingga 18.00 WIB, seperti dikutip Halloapakabar.com.

“Dari 12 warga binaan yang menjalani UN, satu orang diantaranya sudah bebas tapi karena ia siswa Paket C jadi dipanggil untuk menjalani UN disini,” kata Kalapas Klas II Bogor, Suharman.

Menurutnya, dari semua peserta tersandung kasus dan hukuman yang berbeda antara lain kasus pencurian, narkoba dan pembunuhan. “UN akan dilaksanakan selama 4 hari sesuai jadwal dari pemerintah, kita hanya memfasilitasi saja karena masih ada hak bagi mereka untuk mengikuti UN,” tandasnya.

Suharman berharap kepada seluruh warga binaan agar tetap semangat dalam menimba ilmu, kendati saat ini tengah menjalani masa hukuman. (hrs).