Hallobogor.com, Megamendung – Masyarakat di tiga desa di Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada Oktober 2018 mendatang. Ketiga desa tersebut, yaitu Pasir Angin, Cipayung Girang, dan Sukaresmi.

Hasil pendaftaran di meja Panitia Pilkades, tujuh orang mendaftar sebagai bakal calon di Desa Pasir Angin dan enam orang di Desa Cipayung Girang. Sedangkan di Sukaresmi hanya diikuti oleh tiga balon kades. Ke 13 balon kades di dua desa ini mengikuti seleksi tertulis yang dilaksanakan oleh tim seleksi di Kantor Kecamatan Megamendung, Rabu (26/9/2018).

Camat Megamendung, Hadijana, mengatakan, bagi Desa Pasir Angin dan Cipayung Girang diikuti oleh lebih dari lima balon kades, maka menurut aturan harus mengikuti seleksi.

“Seleksi itu untuk Pilkades yang diikuti oleh bakal calon di atas lima orang. Jadi aturannya, Pilkades hanya bisa diikuti maksimal oleh lima orang,” katanya.

Menurut Hadijana, seleksi tertulis berupa pertanyaan-pertanyaan seputar ilmu pengetahuan kepada para balon kades. “Hasilnya nanti dikombinasikan dengan tahap seleksi administrasi,” ujarnya.

Sebelumnya, salah seorang Balon Kades Pasir Angin, H. Endang, menyatakan optimistis memenangkan Pilkades. Balon kades incumbent ini mengaku kembali mencalonkan diri karena ingin meneruskan program pembangunan di wilayahnya. “Khususnya penanganan RTLH yang masih harus dilaksanakan. Program BPJS yang kini tengah berjalan, dan penanganan infrastruktur yang belum tuntas.

Program kerja kami sudah jelas. Perbaikan RTLH akan terus dilakukan, program pembuatan BPJS sedang berjalan termasuk menggarap pembuatan kartu BPJS ketenagakerjaan. Selain itu perbaikan infrastruktur satu per satu jalan lingkungan sudah kami tangani. Sekarang akan melaksanakan pembangunan jalan yang tembus ke wilayah Desa Megamendung,” tuturnya. (dang/cep)