Hallobogor.com, Bogor – Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman, mengemukakan, terdapat 200 accident atau kecelakaan kerja di Kota Bogor sampai dengan Januari 2016. Melalui Bulan K3 diharapkannya setiap perusahaan di Kota Bogor zero accident.

“Ini termasuk kategori rendah di Jawa Barat atau secara nasional. Jumlah kejadian juga menurun dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 300 kejadian,” katanya usai membuka Seminar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Kantor PLN Area Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor.

Usmar mengatakan, peran K3 sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing di pasar internasional. Oleh karena itu, setiap perusahaan diminta terus meng-up date dalam menerapkan kultur dan alih teknologi K3. Apalagi di Indonesia ini masih ada 120 juta pekerja yang pendidikannya di bawah SMA yang memerlukan pembekalan K3.

“Bagi perusahaan yang tak menerapkan K3 atau tak melaporkan kejadian kecelakaan kerja tentu ada sanksi. Perusahaan juga wajib masuk BPJS Ketenagakerjaan dalam menjamin kecelakaan dan kesehatan karyawannya,” tegasnya, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Sementara General Manager PLN Distribusi Jawa Barat, Iwan Purwana, mengatakan, PLN sendiri sejak lama rutin menerapkan safety breafing sebelum pekerja PLN memulai kerja. “Pekerja PLN yang baru selalu mendapat diklat K3. Kami melarang meninstruksikan pekerjaan kepada pekerja tanpa sebelumnya mendapat pelatihan. Semua pekerja di PLN sudah mendapat sertifikat dan pelatihan yang cukup, apalagi pekerja teknis yang berhubungan dengan berketegangan dalam menjaga pasokan listrik,” paparnya.

Iwan juga menghimbau kepada masyarakat agar peduli bahaya listrik. Terutama bagi buruh kuli bangunan. “Petugas PLN siap membantu masyarakat urusan jaringan listrik. Tak ada cerita bayar-bayaran, kecuali pemasangam baru,” tegasnya didampingi Manager PLN Area Bogor, Widodo.

Kepala Disnakersostrans Kota Bogor, Anas Rasmana, menambahkan, Bulan K3 di Kota Bogor dilaksanakan dari Januari sampai Maret 2016. “Ada 42 perusahaan terlibat. Bulan K3 kami isi dengan pertandingan berbagai cabang olahraga, seminar, lomba nihil accident selama enam tahun, dan P2K3,” imbuhnya. (cep).