Hallobogor.com, Caringin – Cimande bakal menjadi tuan rumah Festival Pencak Silat Cimandean tingkat nasional pada tahun 2018. Festival ini salah satu upaya melestarikan pencak silat aliran Cimandean sebagai warisan seni budaya khas Cimande.

Menjelang dilangsungkannya Festival Pencak Silat Cimandean tahun depan, pada Sabtu (25/3/2017) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Bogor menggelar Festival Pencak Silat Salancaran Cimande.

Festival yang digelar di Padepokan Cimande, Kampung Tarikolot, Desa Cimande, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor ini, dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Politisi Partai Gerindra ini memang kerap menggelar kegiatan pencak silat di Paseban, Puncak, Kabupaten Bogor.

Ketua Pusat Pencak Silat Aliran Cimandean (PPSAC), Moch. Darma Sudarma, mengatakan, pencak silat aliran Cimandean tetap terlestarikan dan banyak diminati generasi muda sebagai penerus pelestari warisan leluhur.

“Festival Pencak Silat Salancaran Cimande ini baru ketiga kalinya diadakan. Saat ini diikuti 10 perguruan pencak silat, karena peserta masih di batasi mengingat tempat yang masih belum layak untuk menampung jumlah peserta yang lebih banyak dari ini. Perguruan aliran Cimande yang tersebar di beberapa wilayah di luar Kabupaten Bogor banyak yang meminta untuk mengikuti festival ini,” ungkapnya.

Menghadapi Festival Pencak Silat Cimandean tingkat nasional tahun 2018 nanti, Moch. Darma Sudarma berharap kepada pemerintah segera merehab bangunan Padepokan Cimande agar lebih layak.

Menanggapi hal itu, Kepala Disparbud Kabupaten Bogor Rahmat Sudjana, mengatakan, anggaran untuk pembangunan Padepokan Cimande sebetulnya sudah ada, namun ini masih terbentur beberapa hal yang belum terselesaikan sehingga sampai saat ini dana tersebut belum bisa dikucurkan.

“Saya sangat mengapresiasi kepedulian warga Cimande dalam melestarikan warisan kekayaan budaya yang sangat lengkap ini, paduan seni dan olah raga beladiri yang sangat kental, sehingga pencak silat aliran Cimandean ini tahun depan akan coba ditingkatkan ke taraf nasional,” pungkasnya. (wan)