Hallobogor.com, Bogor – Bangunan eks pasar Sukasari diratakan dengan tanah hingga membuat puluhan pedagang harus pindah ke tempat baru yang disediakan PD Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor, Rabu (25/7/2018) siang. Rencananya eks Pasar Sukasari akan dijadikan pusat kuliner dan kantung parkir yang luas di wilayah Sukasari.

Kabag Hukum dan Humas PD PPJ, Heru Chaerudin mengatakan, pagu untuk lelang bangunan eks Pasar Sukasari adalah Rp80 juta, tetapi ada PT. Roket yang berani dengan harga Rp130 juta.

“Rencananya akan dijadikan parkir dan pusat kuliner Sukasari. Namun masih dalam kajian sehingga ada rencana pengembangan lainnya di lahan seluas 2.400 meter persegi itu,” ujarnya, Rabu (25/7/2018) sore.

Sementara itu, Kepala unit Pasar Sukasari, Srikaryatno mengatakan, pembongkaran bangunan itu karena keberadaan gedung yang tidak layak 27 tahun tidak direnovasi sehingga membahayakan bagi para pedagang.

“Setelah dibongkar bangunannya, lahan diperuntukkan sebagai pusat kuliner Sukasari sesuai arahan direksi PD PPJ,” ungkapnya kepada awak media.

Sri melanjutkan, untuk pengerjaan ditargetkan selama 30 hari kerja oleh PT. Roket, dimulainya pelaksanaan dari tiga hari lalu.

“Mudah-mudahan target tercapai. Nanti setelah pembongkaran selesai, akan ada pengurugan hingga lahan rata dan bisa dijadikan areal parkir kendaraan,” tambahnya.

Sri mengatakan, akibat pembongkaran ini ada para pedagang yang awalnya belum direlokasi mendadak dipindahkan sementara. Di antaranya ada para pedagang bunga dan kuliner, kalau pun ada pedagang lain disesuaikan tempatnya.

“Kami merencanakan pedagang bunga ditempatkan di depan Pasar Sukasari atau eks Sangrila, pedagang kuliner disesuaikan dengan space tempat,” tuturnya.

Sri menjelaskan, sesuai data ada 22 pedagang bunga, soto dan bakso yang direlokasi. Untuk pembayaran sewa para pedagang hanya diberlakukan retribusi Rp5.000 perhari. (dns)