Hallobogor.com, Caringin – Peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1437 Hijriyah hari Rabu tanggal 14 Oktober 2015 di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, begitu gebyar dan bergema. Kegiatan yang cukup sakral ini dihadiri tidak kurang dari 5.000 orang.

Dengan mengambil tema “Mari Kita Tingkatkan Rasa Kebersamaan untuk Menuju Pribadi yang Lebih Baik”, Peringatan 1 Muharam ini diisi beragam rangkaian kegiatan. Diawali dengan tabligh akbar di Masjid Al Muqorobin pada Selasa malam (13/10/2015), dan puncak acara pada Rabu paginya.

Pada puncak acara rabu pagi yang dipusatkan di Kantor Desa Pancawati, digelar pawai taaruf yang diikuti oleh 2.500 peserta. Mereka adalah murid SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se-Desa Pancawati, serta santriwan dan santriwati dari seluruh pondok pesantren se-Pancawati.

Iring-iringan peserta taaruf makin meriah saat disambut dengan atraksi marching band, marawis, dan pencak silat. Ribuan masyarakat termasuk sejumlah pengusaha, Ketua RT/RW, dan tokoh pemuda pun tumpah ruah menyaksikan acara ini.

Gema Muharam makin terasa sakral saat dilaksanakan ritual Yasinan, Tahlil, doa awal dan akhir tahun. Acara ini dilakukan oleh para kiai, pimpinan ponpes, Kepala Desa Pancawati H Iqbal Jayadi, Camat Caringin Rumambi, Kapolsek Caringin Kompol Riyanto, serta perwakilan Muspika.

Acara makin lengkap dengan dilaksanakannya santunan terhadap anak yatim piatu dan jompo sebanyak 1.019 orang.

“Kegiatan 1 Muharam ini didukung MUI Desa Pancawati, Masyarakat Peduli Lingkungan, PIK-R Desa Pancawati, Pemerintah Kecamatan Caringin, Polsek dan Koramil, dan semua lapisan masyarakat. Alhamdulillah acara berlangsung lancar dan sangat gebyar,” kata Ketua Panitia, Hafid.

Kades Pancawati, H Iqbal Jayadi, berharap, melalui acara peringatan ini dapat memperbaiki kualitas pribadi masyarakat Pancawati yang agamis demi mewujudkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Ini acara muharam perdana sejak saya jadi kepala desa. Insya Allah akan diagendakan rutin tiap tahun,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kades sempat menyesalkan hanya sebagian kecil pengusaha yang peduli dan hadir memeriahkan acara 1 Muharam. “Padahal begitu banyaknya yatim dan piatu serta jompo di Pancawati yang membutuhkan uluran tangan,” tegasnya.

Ketua MUI Desa Pancawati, KH Miftahudin, menambahkan tasyakuran tahun baru Islam diharapkan menambah berkah. “Alhamdulillah meski situasi dan kondisi perekonomian sedang payah tapi bisa melaksanakan kegiatan. Yang penting jangan pelit sedekah,” ujarnya.(cep/wan)