Hallobogor.com, Bogor – Sebanyak 500 personil gabungan terdiri dari personel Kodim 0606/Kota Bogor, Polres Bogor Kota, Yonif 315/Garuda, TNI AU ATS, Dinas Kebersihan dan Petamanan (DKP) Kota Bogor serta organisasi masyarakat sekitar bahu membahu dalam kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Galuga, Kabupaten Bogor, Jumat (11/03/2016).

Kepala DKP Kota Bogor, Irwan Riyanto didampingi Danramil 0606/Tanah Sareal Kapten Inf Ermansyah secara langsung memimpin kegiatan pengurugan sampah yang sudah tidak aktif dengan tanah di area TPAS.

“Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Muspida Kota Bogor untuk mendukung program yang telah dicanangkan. Bersama-sama kita kerja bhakti menutup tumpukan sampah yang sudah tidak aktif dengan tanah dan akan terus bergeser ke area yang belum tertutup. Jika semua sampah sudah tidak aktif ini sudah tertutup akan ditanami pohon,” katanya, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Irwan menambahkan, area pengurugan luasnya kurang lebih mencapai 1.500 meter persegi nantinya akan ditanami pohon-pohon selama empat bulan mendatang. “Kegiatan pengurugan ini untuk ketiga kalinya laksanakan. Sekarang di lahan yang pertama dan kedua kini telah ditumbuh pohon-pohon,” ujar Irwan sambil menunjuk ke areal pengurugan pertama dan kedua. 

Terkait keberadaan pipa yang ada di areal pengurugan, jelas Irwan, digunakan sebagai saluran untuk menangkap gas metan yang dihasilkan dari tumpukan sampah yang sudah tidak aktif. “Jika sudah tertutup tanah, semua pipa yang ada akan kita sambungkan satu sama lain dan nantinya gas yang tertangkap akan dikumpulkan di satu wadah, diolah menjadi energi yang dapat digunakan.” lanjutnya.

Sementara Danramil 0606/Tanah Sareal, Kapten Inf Ermansyah berujar, “Ini bentuk sinergitas dan kemanunggalan TNI dan aparat pemerintah. Ini juga bukti komitmen dan penjabaran undang-undang TNI, salah satu tugasnya membantu pemerintah daerah dalam operasi non perang, salah satunya juga terkait kebersihan,” terang Ermansyah. (hrs).