Hallobogor.com, Caringin – Sebanyak 535 unit makam warga di Taman Pemakaman Umum (TPU) RW 01 Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, sedang direlokasi. Relokasi dilakukan karena lahan TPU dengan luas 1.090 meter persegi itu terkena ploting megaproyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Ketua RW 01 Desa Cimande Hilir, Neneng Rohilah, mengatakan, dari 535 unit makam hanya 364 unit makam yang dibayar oleh pemerintah. “Ya, yang dibayar oleh pemerintah 364 unit makam. Karena kan kalau makam bisa berkurang atau bertambah. Harga per makam dibayar oleh pemerintah Rp1.700.000,” katanya.

Solusinya, sambung Neneng, untuk membiayai relokasi makam yang tak masuk daftar bayar dilakukan dengan cara subsidi silang. Sisa makam yang tidak dibayar dibiayai oleh dana pembayaran 364 makam.



“Semua makam sekarang sedang proses pemindahan secara manual ke lahan baru seluas 2.460 meter persegi di RW 02, 03, 01 yang telah dibeli oleh panitia. Pemindahan dilakukan sejak tanggal 24 Oktober 2015,” ujarnya.

Neneng menegaskan proses pemindahan makam berlangsung aman dan lancar disaksikan warga, ahli waris, dan tokoh masyarakat. “Semua ahli waris menerima dan tidak ada kendala,” tandasnya.
Pantauan di lokasi, penyisiran makam yang lain yang belum dipindahkan juga dilakukan oleh Ketua RW, ahli waris, dan tokoh masyarakat dibantu menggunakan alat berat.(cep/wan)