Hallobogor.com, Bogor – Anak Indonesia ini tiba-tiba jadi terkenal sejak dia jadi nominator di perhelatan musik kelas dunia, Grammy Award, di dua kategori yaitu Best Jazz Instrumental Album dan Best Improvised Jazz Solo.

Meski Joey tidak berhasil menyabet piala satu pun, tapi rakyat Indonesia masih patut berbangga padanya. Dan ini adalah fakta menarik seputar Joey Alexander dilansir dari Malesbanget.com :

1. Nominator Termuda Grammy Award Tahun Ini

Tahun ini Joey menjadi musisi termuda yang masuk nominasi penghargaan Grammy untuk kategori Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album.

2. Disebut-sebut Sebagai Prodigy

Media luar Indonesia sering menyebut Joey sebagai piano-prodigy atau jazz-prodigy atau seseorang yang sudah mempunyai bakat luar biasa di suatu bidang sejak masih kecil.

3. Keponakan Nafa Urbach

Fakta ini terungkap setelah Nafa Urbach mengatakan dalam salah satu media sosial betapa bangganya ia melihat keponakannya bisa menjadi nominator dua kategori dan tampil di Grammy Award 2016.

4. Performer Termuda di Newport Jazz Festival

Joey memecahkan rekor sebagai musisi termuda saat tampil di Newport Jazz festival yang disebut-sebut sebagai panggung paling membanggakan bagi musisi jazz.

5. Anak yang Hiperaktif

Denny dan Fara pertama kali memperkenalkan Joey ke piano saat Joey berusia 6 tahun. Sewaktu kecil itu Joey memang terbilang anak yang hiperaktif, jadi keluarga Joey yang memang bukan awam sama musik itu memutuskan untuk memberikan keyboard pada Joey untuk melihat apakah ada bakat musik pada diri Joey.

6. Musik Klasik Adalah Musik Pertama yang Dikenalnya

Pertama kali diperkenalkan dengan piano, Joey mempunyai instruktur sendiri dan diajari musik klasik seperti Chopin dan Tchaikovsky. Tapi Joey kewalahan karena selalu ingin berimprovisasi.

7. Tinggal di New York

Joey lahir dan dan besar di Bali. Tapi karena melihat bakat luar biasa dari Joey orang tua Joey menjual semua yang mereka punya untuk pindah ke New York. Di New York Joey melanjutkan tur dengan konser di berbagai tempat dan masih terus menjelajahi negeri Paman Sam tersebut. (rza).