Hallobogor.com, Cibinong – Sebanyak 95 pejabat eselon II dan IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dilantik. Mereka ada yang dirotasi, mutasi, dan naik jabatan (promosi).

Seperti dikutip Halloapakabar.com, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dilaksanakan di Ruang Sebaguna II Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Bogor, Cibinong, Selasa (2/2/2016), oleh Sekretaris Daerah, Adang Suptandar.

Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, melalui Sekda Adang Suptandar, mengharapkan adanya peningkatan semangat dan kinerja untuk menggali pengalaman baru serta menjalankan tugas dengan lebih baik dalam meningkatkan performa Pemkab Bogor sebagai pelayan publik yang berbudaya prima. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya jabatan pengawas (Eselon IV) memiliki tanggung jawab untuk mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh pejabat pelaksana.

Hj. Nurhayanti menambahkan, pejabat yang baru dilantik harus segera mempelajari segala hal yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) masing-masing, baik yang berkaitan dengan unit kerja maupun yang berhubungan dengan landasan yuridis yang menjadi pijakan tugas dan kewenangannya masing-masing.

Mengingat banyaknya agenda yang dimiliki pemerintah daerah, para pejabat juga dituntut untuk berkonsentrasi mendorong proses pelaksanaan APBD sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Bupati juga mengharapkan agar koordinasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintahan kabupaten, kecamatan, maupun desa/kelurahan meningkat, termasuk di unit pelaksana teknis.

“Hal ini dibutuhkan agar setiap program kerja dan kegiatan terhubung secara terintegrasi dalam komitmen yang kuat untuk saling mendukung satu sama lain dalam mencapai visi, misi dan tujuan bersama,” ungkapnya. Selain menyampaikan sambutan Bupati Bogor, Adang pun menyampaikan beberapa hal penting yang harus diperhatikan para pejabat pengawas.

“Kita sudah menyelesaikan kegiatan tahun 2015 dan kita sedang menyusun laporan keuangannya. Khususnya kepada Kepala Bidang yang dilantik, tolong di bidang masing-masing dicek, dipelajari dan segera melakukan percepatan penyusunan laporan keuangan,” tuturnya.

Ia juga meminta kepada seluruh aparatur pemerintahan untuk tidak mengonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang. “Saya ingin pemerintahan agar betul-betul terbebas dari narkoba.Sanksi bagi aparat pemerintahan yang mengonsumsi narkoba apalagi jadi pengedar yaitu diberhentikan dengan tidak hormat,” sambungnya pada akhir sambutan. (yad).