Hallobogor.com, Sukaraja – Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin melibatkan para kader ulama untuk turut menyukseskan program bernama Pancakarsa, untuk meningkatkan kesalehan sosial di kabupaten itu.

“Saya tidak meragukan kualitas para mahasiswa Pendidikan Kader Ulama (PKU), mereka kader terbaik dan terpilih di daerahnya, makanya saya mengajak mereka untuk bersama-sama membangun Bogor,” ujarnya kepada Antara usai memberikan materi kuliah umum PKU angkatan XIII di Balai Diklat Dharmais, Sukaraja, Kabupaten Bogor, Minggu (15/9/2019).

Menurutnya, Progran Pancakarsa terbagi menjadi lima karsa, yaitu Karsa Bogor Membangun, Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Maju dan Karsa Bogor Berkeadaban. Ia akan melibatkan para Kader Ulama ini khusus pada Karsa Bogor Berkeadaban.



Karsa Bogor Berkeadaban merupakan ikhtiar politikus partai berlambang kabah itu untuk meningkatkan kesalehan sosial di Kabupaten Bogor.

Di samping itu, Ade Yasin mengapresiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor karena tetap konsisten dalam menyelenggarakan PKU yang sudah berjalan belasan tahun.

“Sebagai Bupati saya turut bangga dan mengapresiasi kinerja MUI Kabupaten Bogor, konsisten menyelenggarakan program ini dan mampu bertahan tiga belas tahun sampai angkatan ketiga belas, luar biasa,” kata Ade Yasin.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Kabupaten Bogor KH Mukri Aji mengatakan, keistiqomahan MUI menyelenggarakan program kaderisasi ulama ini merupakan buah kerjasama yang baik antara MUI Kabupaten Bogor dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

“Tentu ini berjalan atas kerjasama yang baik, terjalinnya sinergitas antara ulama dan umara, antara MUI dengan Pemerintah Daerah, alhamdulillah,” ujar KH Mukri.

Sebagai informasi, program PKU ini berlangsung selama empat bulan setiap tahunnya. Para pesertanya berjumlah 50 orang yang lulus seleksi, berasal dari utusan MUI Kecamatan, Pondok Pesantren, Ormas Islam, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Bogor. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (fik)