Hallobogor.com, Bogor – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, didampingi Bupati Bogor Nurhayanti meninjau Stadion Sepak Bola Pakansari berlokasi di daerah Pakansari, Cibinong, kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Kita tentu pertama bersyukur berbangga kita punya stadion. Dulu waktu 2008 saya jadi gubernur, kalau Persib main tuh selalu Jalak Harupat lagi, dan lagi. Nah sekarang lebih banyak pilihan. Karawang kita punya stadion, Bekasi kita punya, di kota Bandung kita punya, di Ciamis kita punya, di Cirebon ada,” ungkap Gubernur Aher disela tinjauannya bersama Bupati, Selasa (15/3/16), seperti dikutip Halloapakabar.com.

Aher pun mengatakan, ada 3 sumber dana yang menanggung berdirinya Stadion berkapasitas 30.000 orang ini. Kata Aher, ini dana ‘udunan’, atau patungan dari APBD Provinsi Jawa Barat, APBD Kabupaten Bogor, juga Pemerintah Pusat pun ikut menyumbang.

Stadion ini pun September 2016 mendatang telah siap menjadi venue PON XIX/2016. Cabang Olahraga (Cabor) yang akan ditandingkan diantaranya Sepak Bola, dan sejumlah cabang atletik.

“Anggarannya kita ‘udunan’ bersama – sama. Ini (stadion Pakansari) berdiri, ada 3 sumber dana disini. Dari Provinsi ada, Kabupaten Bogor tentu, dari Pusat juga ada. Dari konsolidasi anggaran itu jadilah stadion ini.”

Di samping itu, Aher memberi masukan, bahwa masih banyak hal yang perlu diselesaikan bagi kawasan ini.

Bahkan, Gubernur ingin Pakansari tak hanya jadi stadion sepak bola. Akan tetapi dapat menjadi pusat/ komplek olahraga yang lengkap, yang dapat dimanfaatkan masyarakat Bogor dan Sekitarnya. Maka bila memungkinkan, ia ingin kawasan tersebut diperluas hingga 100 hektar. Agar cita – cita kawasan ini jadi ‘sport center’ cukup kapasitasnya.

“Masih banyak yang perlu dilakukan termasuk penyelesaian kawasannya. Karena kedepan, saya, dan kita semua menginginkan, Bupati juga menginginkan ini tidak hanya jadi stadion Pakansari tapi juga bisa jadi Komplek Olahraga Pakansari, Sport Center,” katanya.

“Sekarang luas kawasan ini kurang lebih 60 hektar. Nanti mungkin bisa diperluas lagi hingga 100 hektar. Sehingga sarana olahraga (venue) lainnya bisa ada disini juga. Jadi kalau di Kabupaten Bogor orang bilang ‘Olahraga!’, pasti orang langsung ‘Pakansari!’. Itu yang kita harapkan,” ujar Kang Aher. (sip/mas)