Hallobogor.com, Bogor – Kementrian Lingkungan Hidup dan Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Aksi Hijau Nusantara (AHN) Bersih itu Bogor, di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor tepatnya di halaman Makodim 0606/Kota Bogor, Minggu (31/7/2016).

Dalam aksi tersebut dilakukan berbagai kegiatan mulai dari penghijauan, gowes sehat, operasi plastik dan sahabat biopori. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar berharap Kota Bogor dapat meraih Adipura tahun 2017 mendatang.

“Dengan kegiatan seperti ini Kota Bogor menjadi kota yang bersih diharapkan nantinya pada tahun depan Kota Bogor bisa menjadi meraih Adipura. Saya apresiasi juga adanya kerja dari Walikota Bogor yang membuat Bogor lebih hijau dan bersih,” kata Siti Nurbaya dalam sambutannya.

Sementara Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, dirinya akan menigkatkan pemahaman kepada masyarakat agar bersama-sama bisa menjaga kebersihan Kota Bogor, dimulai dari diri sendiri.

“Saya harapkan apa yang dikatakan Menteri Lingkunhan Hidup dan Kehutanan bisa dicapai Kota Bogor. Untuk meraih itu harus ada usaha bersama-sama,” tukasnya.

Penyanyi kondang yang turut memeriahkan acara, Nugie mengatakan, banyak kenangan dirinya di Kota Bogor dan ia mengidamkan punya rumah di Kota Bogor. Pengetahuan tentang alam bisa ia dapatkan dari kota ini.

“Bogor semoga menjadi maskot kota paling bersih, semua kegiatannya harus ramah lingkungan dimulai dari sendiri seperti di Bogor ini,” kata Nugie yang memeriahkan dengan nyanyian kebersihan lingkungan juga mengingatkan generasi muda agar mempertahankan lagu anak-anak yang lawas.

Nugie menambahkan, saat melakukan operasi plastik dirinya tidak mendapatkan sampah palstik di wilayah CFD Sudirman dengan mudah, harus usaha melihat kanan kiri dan mengecek selokan baru mendapatkan sampah plastik.

“Ini hal yang bagus tidak terlihat banyak sampah plastik, saya mengapresiasi dengan CFD Kota Bogor kualitasnya paling baik se-Indonesia. Selain itu meriah juga bisa menjaga kebersihanya walau terkadang ada beberapa yang masih buang sampah sembarangan,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyerahkan tanaman untuk penghijauan kepada camat se-Kota Bogor yang diwakili oleh Camat Bogor Timur Sujatmiko Baliarto. Warga yang hadir mendapatkan pula tanaman yang disediakan ditempat acara untuk ditanaman di halaman rumah masing-masing. (hrs).