Hallobogor.com, Jakarta – Facebook lagi-lagi terlibat masalah besar soal keamanan data pengguna, akhir pekan lalu mereka mengumumkan sistem diretas sehingga berpengaruh ke 50 juta pengguna platform media sosial tersebut.

Apa pengaruhnya ke akun Instagram, yang juga milik Facebook?

Peretas menemukan celah untuk mencuri token akses Facebook. Token akses ini merupakan kunci digital yang membuat pengguna bisa masuk ke Facebook tanpa perlu memasukkan kata sandi.

Facebook juga mengizinkan aplikasi lain untuk login melalui akun Facebook, termasuk Instagram. Cara masuk melalui Facebook ini dianggap cara yang paling ringkas untuk dapat masuk ke berbagai aplikasi dan layanan.

Dengan cara seperti itu, laman TechCrunch melihat ada kemungkinan akun Instagram juga terdeteksi oleh peretas.

Tapi, hingga saat ini Facebook belum mengungkapkan apakah layanan ketiga yang dapat masuk melalui akun Facebook juga terdampak.

Wakil Direktur Manajemen Produk Facebook, Guy Rosen menjelaskan kelemahan yang ditemukan terletak di Facebook, peretas memegang token sehingga akun bisa diambil alih. Artinya, peretas juga memiliki akses ke aplikasi ketiga yang login melalui Facebook.

“Kami sudah menyetel ulang semua token akses untuk melindungi keamanan akun, pengembang yang menggunakan Facebook Login akan bisa mendeteksi token akses sudah disetel ulang, mengidentifikasi pengguna. Sebagai pengguna, Anda harus login lagi ke aplikasi ketiga,” kata Rosen. (ant)