Hallobogor.com, Bogor – Disela kegiatan penataran pimpinan dan kader utama partai Demokrat di Bogor, Ani Bambang Yudhoyono mengunjungi Batik Bogor Tradisiku di Jalan Jalak, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat (1/4/2016).

Dalam kunjungannya ibu negara Republik Indonesia ke 6 bersama rombongan menyempatkan untuk melihat cara pembuatan kain batik dan produk gerabah yang dibalut dengan kain batik beraneka motif serta beragam warna.

“Alhamdulillah akhirnya saya dapat berkunjung ke batik Bogor  yang menjadi pionir batik di Bogor. Dengan motif tersendirinya, batik Bogor dapat belajar untuk terus melestraikan warisan yang cukup berharga ini,” kata Ani yang didampingi Ketua Dekranasda Kota Bogor Yanne Ardian dan Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman beserta istri, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Ani mengatakan, sudah menjadi kewajiban bersama untuk melestarikan warisan tradisional, terutama batik. “Sebagai warga Bogor saya juga memiliki kewajiban untuk memperkenalkan dan melestarikannya,” imbuhnya.

Dengan banyaknya motif utama yang selama ini menjadi ikon Kota Bogor seperti motif hujan, kijang, kujang, dan bunga bangkai, ia berharap akan lebih banyak lagi motif yang lahir dari keragaman ikon Bogor.

Pada kesempatan ini tidak lupa Ani juga mengajak semua yang hadir untuk menjadi duta fashion dengan menggunakan dan mempromosikan kain batik Kota Bogor khususnya dan seluruh Indonesia umumnya.

“Dari kunjungan ini saya baru menyadari ternyata motif dan perkembangan batik Bogor cukup pesat. Kedepannya saya mendoakan semoga Batik Bogor Tradisiku akan semakin berkembang dan lebih sukses lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Siswaya, pemilik Batik Bogor Tradisiku mengungkapkan rasa bangga atas kunjungan Ani Bambang Yudhoyono. “Ini semua semata-mata karena Tuhan YME yang telah mempertemukan Ibu Ani dan pengrajin batik Bogor. Ini merupakan hal yang sudah lama saya nantikan dan impikan,” tutur Siswaya.

Dalam kunjungannya Ani Bambang Yudhoyono bersama rombongan memborong batik Bogor. Tidak ketinggalan Ani juga mencarikan batik untuk sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). (hrs)