Hallobogor.com, Caringin – PT Aneka Tambang Tbk (Antam) bersama Himpunan Pemuda Pertambangan Indonesia (HPPI) melakukan penanaman 7.000 pohon durian jenis Matahari dan Montong di Kampung Limusnunggal, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Rabu (6/4/2016).

Penanaman 7.000 pohon durian sebagai salah satu implementasi corporate social responsibility (CSR) PT Antam ini, ditujukan untuk menjaga kelestarian alam di kawasan DAS Cisadane, menjaga produktivitas komoditi durian, dan meningkatan ekonomi masyarakat desa.

Vice President CSR PT Antam, Agus Yulianto, mengatakan, Antam adalah milik rakyat Indonesia karena Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. “Sehingga Antam selalu berkomitmen ikut melestarikan alam, meningkatkan produktivitas durian, sekaligus memberdayakan masyarakat dengan menambah penghasilan masyarakat,” katanya, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Penanaman pohon di Ciherang Pondok ini, kata Agus, adalah program keempat. Di mana tahun sebelumnya juga dilakukan di Cimande menanam pohon Jabon, menanam 4.000 pohon durian di Desa Tangkil, dan 6.000 pohon di Desa Cinagara. Total disebar di Kecamatan Caringin 18.000 pohon.

Ketua Umum DPP HPPI, Fahdli Alimin Hasyim, berharap pihak desa menyalurkan pohon durian ke masyarakat secara tepat sasaran, agar enam tujuh tahun ke depan bisa membantu taraf ekonomi masyarakat. “Cara tanam durian Montong dan Matahari ini disilang agar hasilnya bagus,” ujarnya.

Kepala Desa Ciherang Pondok, H Aldi Wiharsa, mengimbau masyarakatnya dan Ketua RT dan RW agar tidak menjual bibit durian tersebut. “Saya juga mengimbau agar jangan hanya ditanam langsung ditinggalkan. Tapi harus dipelihara. Pemdes akan terus pantau.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia yang juga isteri Kades, Novi Variana, juga mengajak masyarakat gemar menanam dan memelihara pohon. “Agar nyaman dan tak takut terjadi bencana alam dan mengurangi efek gas karbondioksida,” katanya.

Sekcam Caringin, Minarso, menambahkan, Desa Ciherang Pondok merupakan sentra durian meski yang terkenal adalah Durian Rancamaya. “Kualitas durian di Ciherang sangat bagus dan banyak variannya. Terbukti dalam kontes durian jadi juara II,” imbuhnya.

Acara penanaman pohon ini diikuti pula oleh Muspika Caringin, tokoh masyarakat, MUI, TNGP, Ketua RT dan RW, serta guru dan pelajar SD. (cep)