PERTANYAAN :

Salam Duta GenRe! Saya fauzan 17 th ingin bertanya. Apakah hewan seperti nyamuk yang menghisap darah manusia yang terjangkit HIV dapat menularkannya pada orang lain? Mohon informasinya yah. Trimakasih

JAWABAN :

Pertanyaan yang bagus Fauzan, Jawabannya adalah TIDAK. Tapi mengapa demikian? Bukankah nyamuk juga menghisap darah dan bisa juga darah itu kemudian “berpindah” ke tubuh orang lain yang kemudian digigitnya?

HIV tidak menyebar melalui gigitan nyamuk atau gigitan serangga lainnya. Bahkan bila virus masuk ke dalam tubuh nyamuk atau serangga yang menggigit atau mengisap darah, virus tersebut tidak dapat mereproduksi dirinya dalam tubuh serangga. Karena serangga tidak dapat terinfeksi HIV, serangga tidak dapat menularkannya ke tubuh manusia yang digigitnya.

Penjelasan mengapa nyamuk tidak menularkan dan menyebarkan penyakit AIDS adalah :

Virus HIV tidak dapat “hidup” pada tubuh nyamuk. Tidak seperti halnya penyebab malaria dan Demam berdarah yaitu plasmodium (bukan virus lho!) yang merasa cocok “numpang” pada tubuh nyamuk. Selain itu, HIV hanya hidup untuk waktu singkat di dalam serangga dan HIV hanya dapat berkembang di dalam cairan tubuh manusia.

Berdasarkan peneilitan, jumlah darah minimal yang dapat “menularkan” AIDS adalah sebesar 0.1 ml, jumlah yang mencukupi “ikut” pada jarum suntik. Sementara “jarum nyamuk” yang demikian halus, tentu tidak membawa darah sebanyak itu.

Sudah jelas kan sekarang mengapa nyamuk yang bisa menularkan berbagai penyakit mengerikan seperti Malaria dan Demam Berdarah, tidaklah bisa menularkan penyakit HIV/AIDS.

Yuk sebarkan informasi ini ke teman2 kamu yah! Salam GenRe!

 

Rubrik Konsultasi Remaja ini dikelola oleh Hallobogor.com bekerja sama dengan Duta-duta GenRe Kota Bogor, yaitu: Joddy Caprinata, Patricia Octalannia, Ilham Arie, Fitri Fauzia, Deo Putera, Retna Mustika, dan Hartadi Anggoro (dari Hallobogor.com).

Bagi remaja Bogor yang ingin berkonsultasi atau ingin menjadi model ilustrasi Konsultasi Remaja ini, silahkan kirimkan Pertanyaan atau hubungi via email : redaksi Hallobogor.com atau sms/wa : 081296677788 (ilustrasi gambar, diperankan oleh model)