Hallobogor.com, Ciawi – Proyek apartemen Bhuvana di Jalan Raya Moh. Toha, Kecamatan Ciawi, ditengok anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Rabu (18/11/2015). Inspeksi mendadak (sidak) yang juga melibatkan Dinas Tata Bangunan dan Pemukiman dan Satpol PP Ciawi ini, para legislator mengaku tak menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh Gapura Prima Group sebagai pengembang Bhuvana Hotel&Residence.

Seperti dikutip Hallojabar.com, sidak berlangsung singkat, setelah anggota dewan menjelaskan maksud kedatangannya, pihak Bhuvana yang diwakili oleh Direktur Bhuvana Arif Aryanto pun memaparkan seputar beragam jenis perizinan yang telah ditempuhnya, perencanaan proyek, hingga kondisi hubungan dengan lingkungan sekitar.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Edwin Sumarga, mengatakan, sidak sudah menjadi tugas legislator di bidang pengawasan. “Kami sudah melakukan sidak ke tujuh perusahaan, terutama di kawasan tengah Kabupaten Bogor. Banyak perusahaan yang nakal, antara lain soal koefisien dasar bangunan dan harmonisasi perusahaan dengan warga sekitar. Karena dalam aturannya, misalnya soal Air Bawah Tanah itu 10 persen untuk warga sekitar,” ungkapnya.



Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil selatan Kabupaten Bogor ini menegaskan, bahwa hasil sidak ke Bhuvana, pihaknya sampai dengan saat ini tidak menemukan pelanggaran. “Tidak ada juga laporan dari masyarakat. Sidak pada saat pembangunan ini sebagai upaya preventif,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bhuvana, Arif Aryanto, menjelaskan, sesuai dengan perencanaan Bhuvana akan membangun tiga tower sesuai dengan perizinan yang dikantongi. “Kami bersyukur tak ada kendala. Kami juga siap menjalin harmonisasi dengan warga sekitar termasuk pengelolaan air bawah tanah,” katanya.

Diakuinya, dalam suatu pembangunan ada plus minus dampaknya. “Sisi positifnya pasti meningkatkan taraf perekonomian baik menyerap tenaga kerja maupun pemasukan pajak dan retribusi. Ke depan kami juga menyadari pasti banyak tamu yang hilir mudik ke lokasi Bhuvana. Jadi kami harapkan ada win win solution lah,” jelasnya. (cep/wan)