Hallobogor.com, Jakarta – Pabrik Wistron, yang membuat iPhone SE di Bengaluru, India, dikabarkan mulai menambahkan lini untuk memproduksi iPhone 6s.

iPhone 6s, dilansir dari laman Phone Arena, diproduksi di India karena potensi penjualan unit yang cukup besar di negara tersebut. Seri iPhone 6 menyumbang 33 persen penjualan iPhone di India, sementara iPhone Se hanya 15 persen.

iPhone 6s dari Winstron hanya akan dijual di India, salah satu keuntungan bagi Apple adalah produk ini tidak akan dikenakan pajak impor sehingga harga akan lebih murah. Sambil melihat kapasitas produksi di Bengaluru, Apple tetap akan mengimpor iPhone 6s di India.

Apple menaikkan harga per unit sekitar 6-7 persen sebagai konsekuensi dari pajak barang impor di negara tersebut, angka pajak untuk ponsel pintar di India naik sekitar 10-20 persen tahun ini.

Produk Apple sejak lama diminati di Indoia, antara lain iPhone 5s pernah menjadi perangkat iOS terlaris di sana, disusul iPhone SE.

Sejak tahun lalu Apple memproduksi iPhone SE di India agar tidak terkena biaya impor. Ponsel produksi India untuk dijual di dalam negeri dikabarkan berharga 100 dolar lebih murah dari harga sebelumnya. (ant)