Hallobogor.com, Bogor – Setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia atau World Water Day. Peringatan Hari Air Sedunia tahun 2019 mengangkat tema Water for All, Leaving No One Behind.

Ide peringatan Hari Air Sedunia atau World Water Day secara resmi diumumkan pada acara Sidang Umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada 22 Desember 1992 di kota Rio de Janeiro, Brasil, dan mulai diperingati sejak tahun 1993.

Peringatan Hari Air Sedunia juga dilaksanakan oleh pemerintah, swasta, termasuk kalangan akademisi serta murid Sekolah Dasar. Demikian pula dengan PT. Aqua Golden Mississippi (Aqua) Citeureup, Kabupaten Bogor. Aqua mengajak kurang lebih 150 murid SD Cicadas 1, Gunung Putri, Kabupaten Bogor untuk memperingati Hari Air Sedunia bersama karyawan pabrik Aqua Citeureup, Jumat (22/3/2019).

Ratusan murid yang didampingi sejumlah guru berkunjung ke lokasi pabrik Aqua Citeureup. Di sana, mereka mendapatkan banyak edukasi di antaranya tentang konservasi air, nonton bareng film tentang keberlangsungan lingkungan, ilmu pengetahuan tentang perlunya budaya hidup bersih dan sehat, budaya hemat air, dan pentingnya pohon.

Ratusan murid nampak antusias mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan seputar konservasi air oleh pihak Aqua. Acara juga semakin seru karena di sela kegiatan mereka berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah bagi murid yang bisa bercerita dan bisa menjawab pertanyaan dari Iriyanto selaku pemandu acara.

Ratusan murid juga berkesempatan mendapatkan pembelajaran di luar ruangan. Mereka diajari cara men-stek pohon di area hutan kota Aqua serta belajar tentang barcode pohon. Yakni, setiap pohon di hutan kota Aqua diberi label barcode untuk menunjukkan nama pohon, nama latin, manfaat pohon, asal pohon, dan kegunaannya.

Dalam kesempatan tersebut, Asep Mawan mewakili Plant Director Aqua Citeureup, mengajak semua pihak untuk cinta lingkungan sejak dini. “Yuk sudah waktunya kita budayakan hemat air sejak dini. Makanya, kami atas nama perusahaan Aqua mengucapkan terima kasih dan bangga atas kunjungan para murid SD Cicadas 1 yang peduli akan pelestarian lingkungan khususnya air. Juga kami sampaikan terima kasih kepada guru-guru yang sudah ikut membimbing anak didiknya agar cinta lingkungan dan cinta air,” ungkapnya didampingi sejumlah guru pembimbing antara lain Tisna, Hj Sawanah dan Purwati. (cep)