Hallobogor.com, Citeureup – PT Tirta Investama (AQUA) Pabrik Citeureup, Kabupaten Bogor, merayakan Hari Cinta Puspa dan Satwa tingkat nasional yang jatuh pada tanggal 5 Nopember. Perayaan dilaksanakan dengan aksi penanaman pohon di hutan kota AQUA kawasan industri Citeureup Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Jumat (11/11/2016).

Dalam aksinya, AQUA mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk ikut aktif dalam mengelola lingkungan. Yaitu melibatkan ratusan siswa Sekolah Dasar, masyarakat, dan unsur Muspika Gunung Putri.

Hutan kota AQUA di Desa Cicadas tersebut merupakan area yang sejak awal dijadikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH), yang sangat diperlukan oleh masyarakat dan lingkungan di sekitarnya untuk kesehatan dan keseimbangan alam di tengah padatnya kawasan ini oleh kegiatan industri.

Hutan kota ini memiliki luas 0,77 hektare. Saat ini telah memiliki koleksi 621 tanaman yang dikelompokan dalam 89 spesies dan 31 famili. Dengan kegiatan penanaman pohon hari ini akan menambah 12 famili lagi dari 100 pohon yang ditanam.

Kepala Pabrik AQUA Citeureup, Tatang Sondana, mengatakan, melalui kegiatan ini masyarakat dilibatkan dalam kegiatan edukasi konservasi yang sudah dimulai sejak Februari 2016. “Tujuan dari dibangunnya hutan kota ini adalah untuk kelestarian, keserasian, dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur lingkungan, sosial, dan budaya sekaligus memunculkan kembali pohon endemik asli Cicadas yang sudah mulai punah, seperti Kemang, Gandaria, Teureup,” katanya.

Camat Gunung Putri, Lukmanul Hakim, mengucapkan terima kasih kepada AQUA yang sudah banyak berkontribusi dalam berbagai kegiatan terutama kegiatan pengelolaan lingkungan serta banyak memberikan edukasi kepada masyarakat di wilayah Gunung Putri. 

Dalam kesempatan yang sama, ahli keanekaragaan hayati Puslitbang Hutan KLHK Dr. Hendra Gunawan, mengenalkan jenis-jenis tanaman maskot identitas Provinsi Jawa Barat dan tumbuhan langka.

Praktisi pendidikan lingkungan Kebun Kaya Bogor-LIPI ini juga mengajak peserta untuk praktek menanam yang menyenangkan dengan Boneka Ponti.

Salah seorang siswi SD Cicadas 1, Hany, mengaku sangat senang bisa ikut menanam di hutan kota AQUA. “Nanti juga bisa melihat pohonnya kalau sudah besar karena dekat dengan sekolah. Kalau banyak pohon nanti di sekolah tidak gerah lagi,” ucapnya. (cep)