Hallojabar.com, Bogor – Aqua Grup resmi menggelar Danone Industrial Design Competition Jugs Handling Innovation. Kompetisi ini akan berlangsung selama enam bulan dan dimulai dengan kick off yang dilaksanakan pada Kamis (5/10/2017) di Universitas Indonesia, Depok, serta di empat universitas lainnya di Indonesia yaitu di Surabaya, Medan, Bandung, dan Yogyakarta.

Sejak dibukanya kompetisi ini pada Agustus 2017, antusiasme mahasiswa Indonesia tinggi untuk berlomba melakukan inovasi. Sebanyak 65 tim dari 15 universitas di enam provinsi di Indonesia mendaftar untuk turut serta dalam kompetisi ini. Universitas tersebut antara lain; Swiss German University, Sampoerna University, Trisakti, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Telkom, Institut Pertanian Bogor (IPB), President University, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Veteran, Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Brawijaya, dan Universitas Sumatra Utara. 

Seluruh tim mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini akan mengembangkan ide inovasi untuk desain penanganan galon (jugs handling) di pabrik, dari cara menurunkan galon kosong, proses produksi sampai menaikkan galon yang sudah terisi dalam sistem pengirimannya. Inovasi desain penanganan galon ini dapat berbentuk modifikasi sistem yang sudah ada atau menciptakan sistem baru dalam penanganan galon. 

Direktur Engineering dan Technovation PT. Tirta Investama (Aqua Grup), Budi Hartono Susilo, mengatakan, kompetisi inovasi ini merupakan ajang untuk menyalurkan kreativitas para mahasiswa langsung di industri dengan tim dewan juri yang akan terdiri dari lintas divisi di Aqua Grup. 

“Tim juri terdiri dari perwakilan divisi industrial, engineering, supply chain, quality, safety dan finance akan memilih sepuluh tim dengan ide terbaik untuk kemudian diseleksi kembali menjadi dua tim pemenang. Dalam seluruh proses penjurian, tim dewan juri akan membertimbangkan ide yang orisinil, desain yang ergonomis, aman, dan mampu menjaga kualitas produk,” ujarnya.    

Sebagai pelaku dalam industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), Aqua Grup memiliki perhatian pada kemajuan pendidikan di Indonesia.  Vice President Human Resources PT Tirta Investama (AQUA Grup), Pambudi Sunarsihanto menyatakan,  ”salah satu yang kami lakukan adalah mendorong kreativitas mahasiswa di Indonesia untuk bisa merasakan langsung bagaimana dunia kerja. Kompetisi ini kami selenggarakan agar mahasiswa melalui ide-ide kreatifnya memiliki kesempatan untuk terlibat langsung pada industri dan lingkungan kerja,” tegasnya. 

“Selain itu, kompetisi ini juga dapat menjadi bekal sebelum mereka memasuki dunia kerja. Para mahasiswa akan menghadapi langsung tantangan di dunia kerja dan bagaimana inovasi-inovasi dilakukan agar industri dapat berkembang,” tambah Pambudi.  

Selain kompetisi ini, Aqua Grup sejak lama telah memberikan pengembangan untuk mahasiswa di Indonesia dengan melibatkan mereka pada beberapa program Danone, antara lain; Trust Business Challenge, Danone Young Social Entrepreneur Program, kunjungan mahasiswa ke kantor Danone Indonesia dan berdiskusi dengan jajaran top level management, serta kerja sama penelitian terkait sumber daya air. 

Aqua Grup juga memiliki komitmen untuk mendorong berkembangnya generasi muda di Indonesia salah satunya pada bidang olahraga, dengan mengadakan kompetisi sepak bola Aqua Danone Nations Cup di seluruh Indonesia selama 15 tahun berturut-turut. Guna mewadahi kreativitas generasi muda, beberapa waktu lalu Aqua Grup juga menggelar kompetisi desain label Temukan Indonesiamu dan desain pemenang digunakan pada label produk Aqua untuk beberapa waktu. (cep)