Hallobogor.com, Caringin – Sebagai perusahaan terdepan dalam pengelolaan air minum, PT Tirta Investama (Aqua Group) tak ingin ketinggalan dalam memperingati Hari Air se-Dunia (HAD) ke-25 tahun 2017 ini.

Jajaran manajemen dan karyawan Aqua Regional 2 Jawa Barat, Rabu (22/3/2017),
melakukan penanaman pohon buah-buahan dan pembuatan kolam resapan di recharge area, Santa Monica, Kampung Leuweunglarangan, Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan yang didukung Pemprov Jabar, Pemkab Bogor, Yayasan Gamelina, dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini, juga dilakukan penandatanganan prasasti dan MoU.



Kegiatan ini diikuti Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Pandji Ksyatriadi, Camat Caringin Rumambi, Danramil 2124 Khoirul, Pemdes Pancawati, kelompok binaan Aqua, GM Hotel Santa Monica, serta karyawan dan kepala 7 pabrik Aqua Regional 2 Jabar (Cianjur, Citeureup, Subang, Mekarsari dan Babakan Pari Cicurug, Bekasi, dan Ciherang.

Penanaman pohon di Desa Pancawati yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Cisadane ini selaras dengan upaya Aqua Grup untuk berkontribusi menjaga kuantitas dan kualitas air di DAS.

Hingga saat ini sebanyak 10.000 pohon telah ditanam di kawasan TNGGP dan DAS Ciasadane. Pohon-pohon yang ditanam itu terus dipelihara dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat untuk pelestarian lingkungan dan kehidupan manusia.

Kepala Pabrik Aqua Ciherang, Vijaya Anggraeni selaku tuan rumah, menjelaskan bahwa terdapat banyak program lain juga yang telah dan terus dilaksanakan Pabrik AQUA Ciherang sejak tahun 2013 hingga kini adalah kegiatan CSR dari hulu sampai hilir. Yaitu konservasi di TNGGP, konservasi DAS, konservasi Berbasis Ekonomi Masyarakat (KOBEM), Kampung Sehat, dan Sanitasi Air Bersih (SAB).

Sementara itu Kepala DLH Kabupaten Bogor, Pandji Ksyatriyadi, menegaskan bahwa menanam pohon itu penting. “Oleh karena itu kita semua perlu melakukannya. Pilihan AQUA melakukan kegiatan penanaman dalam rangka memperingati Hari Air tentu sangat tepat. Penanaman pohon dan ketersediaan air saling berkaitan erat. Dengan banyak pohon akan membantu air dapat terserap ke dalam tanah. Dengan demikian air tanah tetap terjaga dan lingkungan pun terpelihara dengan baik,” ungkapnya.

Pemkab Bogor mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Aqua. “Saya berharap ke depannya bukan hanya Aqua saja yang melakukan kegiatan seperti ini, tapi perusahaan air lainnya pun melaksanakan seperti sekarang” papar Pandji.

Kehadiran Aqua di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Barat senantiasa memerhatikan faktor sosial dan lingkungan. Hal itu selaras dengan komitmen perusahaan yang disebut komitmen ganda, yaitu pertumbuhan bisnis yang didukung pengembangan tanggung jawab sosial dan lingkungan secara berkelanjutan dan melibatkan berbagai pihak, termasuk dengan Pemkab Bogor dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. (cep/wan/den)