Hallobogor.com, Caringin – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau biasa disingkat Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa/kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Preventif dengan cara bermitra dengan masyarakat. Bhabinkamtibmas biasanya berpangkat brigadir sampai dengan inspektur.

Mengingat posisinya yang biasa bersentuhan langsung dengan masyarakat di tingkat paling bawah, Bhabinkamtibmas memiliki peran strategis dalam menciptakan kondisi masyarakat yang aman dan tertib.

Maka, untuk lebih mendekatkan pelayanan kepolisian di masyarakat dalam mewujudkan cipta kondisi tersebut, seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Caringin memasang banner identitas Bhabinkamtibmas di setiap desa tempat mereka bertugas.



Kapolsek Caringin, AKP Fitra Juanda, mengatakan, pemasangan banner identitas memuat nama dan nomor handphone Bhabinmas, nomor Kapolsek, dan nomor Mapolsek. “Ini untuk mempermudah sistem pelaporan masyarakat kepada Polri berkaitan dengan situasi kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat). Kegiatan ini sesuai dengan program Quick Wins Polri dan program membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas,” katanya.

Pada Kamis (22/12/2016), pemasangan banner identitas Bhabinkamtibmas dilakukan di Desa Tangkil, Desa Cinagara, Desa Cimande Hilir, Pancawati, dan seterusnya. Selain memasang banner identitas, setiap Bhabinkamtibmas juga melakukan sosialisasi dan pengarahan kepada setiap Kepala Desa, perangkat desa, Ketua RT dan RW, tokoh masyarakat, termasuk kepada para security. (cep)