Konsultasi Hukum, bersama : Joko Mulyono, SH MH

PERTANYAAN :
Saya beserta teman-teman bermaksud mendirikan pertseroan terbatas (PT), saya diminta untuk menyiapkan nama dan mengurus akta pendiriannya kepada Notaris, apakah ada ketentuan patokan kriteria nama untuk perseroan terbatas? (Daryanto, Bogor)

JAWABAN :
Biasanya nama perseroan disampaikan kepada Notaris yang akan ditunjuk untuk membuat akta pendirian perseroan dalam nama sebanyak 3 alternatif nama dengan urutan sesuai prioritas harapan untuk disetujui, kemudian akan dimintakan persetujuan ke Kemenkum HAM, jika memenuhi kriteria salah satu nama akan disetujui.

Adapun kriteria nama perseroan sebagaimana ditentukan dalam Undang-undang, dimana perseroan tidak boleh memakai nama yang : telah dipakai secara sah oleh Perseroan lain atau sama pada pokoknya dengan nama perseroan lain; bertentangan dengan ketertiban umum dan/atau kesusilaan; sama atau mirip dengan nama lembaga negara, lembaga pemerintah, atau lembaga internasional, kecuali mendapat izin dari yang bersangkutan; tidak sesuai dengan maksud dan tujuan, serta kegiatan usaha, atau menunjukkan maksud dan tujuan perseroan saja tanpa nama diri; terdiri atas angka atau rangkaian angka, huruf atau rangkaian huruf yang tidak membentuk kata; atau mempunyai arti sebagai perseroan, badan hukum, atau persekutuan perdata. Demikian semoga bermanfaat.

Joko Mulyono, S.H., M.H., Advokat & Konsultan Hukum di Kantor Advokat & Konsultan Hukum Arwin Siregar & Associates, untuk berkomunikasi, hub sms/wa : 0811854927