Konsultasi Remaja, bersama : Generasi Berencana (GenRe) Kota Bogor

PERTANYAAN :
Selamat Pagi, aku Annisa Hidayatul dari Sukasari . Aku ingin tanya gimana sih cara kita tahu tanda-tanda kalau orang sudah mulai kecanduan narkoba? Terimakasih. (Annisa, Sukasari)

JAWABAN :
Hallo Annisa, terimakasih ya atas pertanyaannya. Ada tanda-tanda yang bisa menjadi salah satu petunjuk kita untuk mengenali seorang pemakai narkoba, tapi jangan sampai salah paham juga ya karena tanda-tanda ini bisa saja terjadi akibat pengaruh lain.

Nah kita liat yuk apa saja sih tanda-tandanya sebagai berikut :

1. Terlalu sensitif
2. Menjadi kasar dan tidak sopan
3. Cepat bosan dan pelupa
4. Suka berbohong, suka menyendiri dan penuh rahasia
5. Bicaranya nggak nyambung, kadang tertawa atau menangis tanpa alasan
6. Tidak peduli pada kebersihan tubuh atau penampilan
7. Jorok, malas mandi, ekspresi wajah kuyu, muka pucat, mata merah
8.  Prestasi belajar sangat menurun
9. Gampang curiga pada setiap orang (paranoid)
10. Sering pilek, batuk dan menguap
11. Nafsu makan hilang / meningkat / tidak teratur
12. Kadang hiperaktif dan bertingkah menarik perhatian
13. Kebutuhan uang meningkat, tapi sering kehabisan uang
14. Mulai mencuri dari hal yang kecil sampai ke hal yang besar

Nah, itu beberapa tanda yg bisa terjadi akibat pengaruh penggunaan narkoba, jika kamu menemukan tanda-tanda seperti itu kamu  tidak perlu takut ya dan jangan sampai menjauhi orang itu. Tapi yuk kita rangkul dan ajak dia untuk kembali tidak menggunakan narkoba dan mengembalikan kembali cita-citanya agar masa depan mereka tidak rusak :)

Rubrik Konsultasi Remaja ini dikelola oleh Hallobogor.com bekerja sama dengan Duta-duta GenRe Kota Bogor, yaitu: Joddy Caprinata, Patricia Octalannia, Ilham Arie, Fitri Fauzia, Deo Putera, Retna Mustika, dan Hartadi Anggoro (dari Hallobogor.com).

Bagi remaja Bogor yang ingin berkonsultasi atau ingin menjadi model ilustrasi Konsultasi Remaja ini, silahkan kirimkan Pertanyaan atau hubungi via email : redaksi Hallobogor.com atau sms/wa : 081296677788 (ilustrasi gambar, diperankan oleh model)