Hallobogor.com, Caringin – Hujan lebat siang dan malam sejak Jum’at dan Sabtu (17-18/3/2017) mengakibatkan bencana alam di beberapa desa di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian yang dialami warga mencapai puluhan juta rupiah.

Di Kampung/Desa Cinagara RT 03/04, Kecamatan Caringin, rumah milik Wati (52) ambruk setelah terseret lumpur akibat jebolnya saluran air yang berada di atas rumahnya.

Iman, saksi mata yang merupakan tetangga korban mengatakan, kejadian yang menimpa rumah Wati sekitar pukul 16.30 WIB saat kondisi hujan sangat lebat. “Beruntung saat terjadinya bencana, kondisi rumah sedang sepi. Sehingga, dalam kejadian itu hanya kerugian material dan barang-barang rumah saja yang rusak, seperti televisi, kursi, lemari dan lainnya. Untuk sementara korban yang masih saudara dengan saya, diungsikan dulu,” katanya.

Kapolsek Caringin, AKP Fitra Zuanda, mengemukakan, selain di Cinagara banjir bandang juga melanda Kampung Babakan Kidul RT 3/3 Desa Cimande Hilir. “Saat hujan deras air selokan meluap ke sebagian rumah warga,” katanya.

Selain itu, kata Kapolsek, bencana banjir bandang akibat selokan meluap juga terjadi di Kampung Ciburial RT 3/6 Desa Tangkil. “Selokan tertutup oleh rumpun bambu yang longsor sehingga air meluap ke jalan dan masuk ke tujuh rumah warga. Akan tetapi atas kejadian tersebut tidak ada kerugian materil atupun korban jiwa dan saat ini sudah normal kembali serta rumah telah dibersihkan kembali,” ungkapnya. (cep)