Hallobogor.com, Bogor – Bertepatan dengan HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) Bank sampah Rangga Mekar membuat kegiatan launching Bank sampah keliling, sosialisasi tentang sampah dan kegiatan bersih-bersih lingkungan yang dilakukan di wilayah RW 001 RT 01 sampai RT 04 Kelurahan Rangga Mekar kecamatan Bogor selatan.

Kegiatan ini digagas oleh Bank Sampah Rangga Mekar, dan dilaksanakan bersama kelompok Ormas OI BPK OI BOGOR KOTA, BPKel OI Hing puri bimasakti, LPM, Kelurahan dan RW Setempat Bersama Masyarakat. Sebagai Ketua Penyelenggara Kegiatan Bank Sampah Keliling adalah W. Ari juliansyah yang merupakan Penanggung Jawab Bank sampah Rangga Mekar sekaligus Ketua Bpkel Oi HING PURI BIMASAKTI .

Seperti dikutip Halloapakabar.com, PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT (COMMUNITY BASED SOLID WASTE MANAGEMENT) CBSWM adalah sistem penanganan sampah yang direncanakan, disusun, dioperasikan, dikelola dan dimiliki oleh masyarakat.

Prinsip-prinsip CBSWM adalah:

Partisipasi masyarakat

Kemandirian

Efisiensi

Perlindungan lingkungan

Keterpaduan Sampah Rumah Tangga, Sampah An Organik , Didaur ulang / Digunakan kembali.

Ketua Bank Sampah Rangga Mekar, Sandy Adam mengatakan bahwa keterlibatan masyarakat menjadi salah satu indikator penentu keberhasilan Kota Bogor didalam mewujudkan Kota yang Bersih dan Hijau.

“Kerjasama ini diharapkan mampu secara Sinergisitas bersama Pemerintah Kota Bogor menciptakan kegiatan secara simultan oleh BANK SAMPAH dan Rumah Kreatif 3R Nusantara dibidang pengelolaan Sampah di wilayah Kelurahan Rangga Mekar Kota Bogor,” papar Sandy.

Tujuan dari kegiatan ini adalah kemandirian masyarakat dalam mempertahankan kebersihan lingkungan melalui pengelolaan sampah yang ramah lingkungan.

“Besar Harapan Kami Program yang akan dijalankan Ditahun 2016 dapat dilaksanakan secara berkala setiap 1 Minggu sekali atau sebulan sekali di masing-masing Wilayah Yang berbeda,” pungkasnya. (dan).