Hallobogor.com, Bogor – BPBD Kota Bogor sudah membuka posko pengungsian dan dapur umum serta posko bantuan bagi ratusan korban terdampak kebakaran yang terjadi di Kampung Bantarkemang RT 03/05, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Selasa (3/4/2018) subuh. Bermacam bantuan dari berbagai pihak pun mulai berdatangan dan diterima para korban.

Posko pengungsian, dapur umum, dan posko bantuan dipusatkan di Pondok Pesantren Darul Uluum Bantarkemang. Sejak dibuka posko bantuan, warga terus berdatangan menyerahkan bantuan dari mulai kebutuhan 9 bahan pokok, pakaian layak pakai, kebutuhan wanita dan balita serta makanan. Ada juga warga yang menyerahkan bantuan berbentuk uang.

“Jumlah pengungsi di posko ini sebanyak 11 Kepala Keluarga dengan 63 jiwa, karena sebagian warga korban kebakaran sudah berangsur pergi meninggalkan lokasi pengungsian dan ikut di rumah saudara-saudaranya. Untuk jumlah anak kecil di sini ada 14 orang, dan balita 11 orang, sehingga dibutuhkan kebutuhan balita dan keperluan sekolah anak anak,” ungkap Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bogor Budi Hendrawan didampingi Kabid koperasi Tagana Kota Bogor Deden Solehudin.



Budi menuturkan, jenis bantuan yang dibutuhkan saat ini adalah alat-alat mandi, pakaian dalam wanita, makanan bayi, alat perlengkapan sekolah anak-anak, alas tidur, bantal, dan selimut, serta uang. Untuk bantuan uang langsung diserahkan kepada pihak Kelurahan Baranangsiang dan bantuan logistik disimpan di posko bantuan Ponpes Darul Uluum.

“Posko penerimaan bantuan akan dibuka sesuai situasional kondisi selama para korban kebakaran mengungsi di sini. Kebutuhan mendesak saat ini terkait baju seragam dan alat-alat sekolah, kebutuhan pakaian dalam wanita dan makanan bayi,” jelasnya. (dns)