Hallobogor.com, Bogor – Masyarakat Kampung Cibeureum, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, sejak lama menunggu datangnya bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk memperbaiki jalan lingkungan (jaling).

Lantaran tak turun-turun, warga secara swadaya memperbaiki jaling yang rusak sepanjang 500 meter itu. Jaling tersebut dirasakan vital oleh masyarakat lantaran menghubungkan jalan Bogor Nirwana Residence (BNR) menuju Komplek Telkom Cibeureum. Setiap hari jaling itu digunakan sebagai jalur alternatif pengguna kendaraan roda dua, sehingga warga tak harus memutar arah.

Untuk memperbaiki jaling, warga terpaksa meminta sumbangan kepada para pengguna kendaraan yang melintas. “Kalau menunggu bantuan dari pemerintah yah mau sampai kapan. Kami warga berinisiatif saja untuk melakukan ini. Hasilnya alhamdulillah bisa memperbaiki jalan lingkungan yang rusak dengan plester semen,” ujar warga setempat, kepada Hallobogor.com, Selasa (11/8).



Lurah Mulyaharja, Abdurahman, mengatakan, untuk perbaikan jalan lingkungan tersebut baru akan diusulkan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang. Meski begitu pihaknya akan berupaya agar jalan tersebut bisa diperbaiki dengan cara diaspal. “Jalan baru akan diusulkan, namun tetap menjadi prioritas, mudah-mudahan secepatnya,” ungkapnya.

Selain itu, karena sepanjang jalan juga belum terpasang lampu penerangan jalan umum (PJU), Abdurahman mengaku sudah mengusulkannya ke Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). “Namun belum ada kelanjutannya. Kami berharap juga usulan-usulan tersebut bisa disegerakan,” harapnya.(dani)