Hallobogor.com, Bogor – Melonjaknya harga bawang putih di pasaran menjadi perhatian Kementerian Perdagangan. Bersama dengan Disperindag Kota Bogor, Kemendag menggelar operasi pasar komoditi bawang putih di Pasar Bogor, Selasa (6/6/2017).

“Operasi pasar hanya satu produk saja yang dijual yaitu bawang putih. Karena harga bawang putih masih mahal di Pasar Bogor. Untuk produk kebutuhan bahan pokok lainnya masih stabil harganya,” kata Kepala Disperindag Kota Bogor, Achsin Prasetyo. 

Achsin mengatakan, menurut informasi harga bawang putih saat ini di Pasar Bogor sudah mencapai Rp50 ribu per kilogram. Sedangkan harga normal bawang putih saat ini Rp45 ribu/kg. “Jadi ketika harga itu tidak normal, maka dilakukan operasi pasar. Dalam operasi pasar akan diturunkan sekitar 8 ton bawang putih dari Kementerian Perdagangan. Bagi masyarakat dan pedagang di Pasar Bogor silakan berbelanja. Mekanisme untuk pedagang ada aturannya dan hanya untuk pedagang Pasar Bogor saja. Harga untuk pedagang Rp23 ribu per kilogram dan untuk masyarakat konsumen Rp25 ribu per kilogram,” jelasnya. 



Selain fokus pada operasi pasar, Disperindag juga sedang menyiapkan agenda pemeriksaan bahan-bahan pokok di supermarket menjelang lebaran. “Kami sedang mengawasi penjualan barang-barang di supermarket di seluruh Kota Bogor. Sasarannya barang-barang kadaluarsa dan makanan tidak layak konsumsi. Dalam minggu ini kami akan lakukan sidak,” ujarnya. (cep)