Hallobogor.com, Bogor – Bagi masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor di wilayah Polda Jabar, kini dapat melakukan pembayaraan pajak kendaraan bermotor dan pengesahaan STNK tahunan melalui ATM Bank bjb di seluruh Indonesia.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor tidak hanya melalui ATM Bank bjb, kedepan dapat dilakukan melalui ATM Bank BCA di seluruh Indonesia.

“Untuk di Kota Bogor sendiri kami sudah berkoordinasi dengan Bank BCA. Pihak bank baru akan menindaklanjutinya dengan pusat berkaitan dengan program E-Samsat BCA ini. Kami sekarang tinggal menunggu hasilnya,” terang Asep Sudrajat selaku Kepala Seksi Pendataan dan Penetapan pada Dispenda Provinsi Jawa Barat Wilayah Kota Bogor, ditemui diruang kerjanya, seperti dikutip Halloapakabar.com, Rabu (4/6/2016).

Lanjut Asep, proses pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahaan STNK tahunan melalui ATM Bank BCA tidak akan jauh berbeda dengan proses pembayaran melalui Bank bjb. “Kemungkinan program E-Samsat ini kedepannya akan dikerjasamakan dengan bank lain seperti di ATM BNI dan BRI,” imbuhnya.

Berikut seperti ini caranya. Pendaftaran dilakukan melalui SMS ke 0811-211-9211 dengan mengetik/registraasi No Chasis, NIK dalam KTP dan alamat email. Caranya: ketik esamsat (spasi) no chasis (spasi) no.ktp (spasi) email. Apabila data yang dimasukan benar, server sms gate way akan menjawab dengan memberikan Kode Bayar berupa 16 digit angka: contoh 1234567890123456.

Setelah mendapatkan Kode Bayar, wajib pajak dapat mengunjungi ATM bank bjb, kemudian menekan tombol Menu Pembayaran, kemudian menekan tombol Menu Pajak/Retribusi Provinsi Jabar, kemudian menekan tombol Menu Pajak Kendaraaan dan masukan kode bayar yang dimaksud.

Pada layar ATM bank bjb akan muncul tampilan data-data kendaraan bermotor yang dimiliki wajib pajak termasuk besaran jumlah yang harus dibayar serta masa berlaku. Apabila wajib pajak setuju dengan penetapan besaran jumlah yang harus dibayar, dapat meneruskan proses tersebut dengan menekan tombol YA.

Setelah proses pembayaran selesai, mesin ATM bank bjb secara otomatis akan mengeluarkan cetakan bukti pembayaran untuk wajib pajak.

Bukti pembayaran tersebut belaku sebagai pengganti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pengesahan STNK tahunan. Wajib pajak dapat melakukan penukaran SKPD atau pengesahan STNK di seluruh kantor bersama Samsat dan sentra layanan Samsat se-Jawa Barat. (hrs).