Konsultasi Hukum, bersama : Joko Mulyono SH MH

PERTANYAAN :
Saya beserta beberapa teman tengah berusaha membuat buku mengenai potensi daerah kalahiran kami, namun kami belum tahu bagaimana tatacara melakukan pencatatan atas sebuah ciptaan? (Hardiyanto)

JAWABAN :

Pencatatan atas ciptaan diajukan dengan permohonan secara tertulis dalam bahasa Indonesia oleh Pencipta atau Pemegang Hak Cipta, atau kuasanya kepada Menteri Hukum dan HAM, permohonan tersebut dilakukan secara elektronik juga non elektronik dengan menyertakan contoh ciptaan, atau penggantinya dan melampirkan surat pernyataan kepemilikan ciptaan, serta membayar biaya.

Dalam hal permohonan tersebut diajukan oleh beberapa orang yang secara bersama-sama berhak atas suatu ciptaan, maka permohonan dilampiri keterangan tertulis yang membuktikan hak tersebut dan nama pemohon harus dituliskan semua dengan menetapkan satu alamat pemohon yang terpilih.

Kemudian dalam hal permohonan diajukan oleh pemohon yang berasal dari luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, permohonan wajib dilakukan melalui konsultan kekayaan intelektual yang terdaftar sebagai Kuasa. Demikian semoga bermanfaat.

Joko Mulyono, S.H., M.H., Advokat & Konsultan Hukum di Kantor Advokat & Konsultan Hukum Arwin Siregar & Associates, untuk berkomunikasi, hub sms/wa : 0811854927