Konsultasi Hukum, bersama : Joko Mulyono SH MH

PERTANYAAN :
Perusahaan tempat saya bekerja sedang bersengketa dengan salah satu kompetitor, sebenarnya Pimpinan tidak mau melalui jalur pengadilan, saya diminta untuk mencari solusi melalui lembaga mediasi, mohon penjelasan apakah mediasi itu? (Johansyah, Jakarta Selatan)

JAWABAN :
Secara umum, mediasi adalah salah satu alternatif penyelesaian sengketa, ada 2 jenis mediasi yaitu di dalam pengadilan dan di luar pengadilan. Mediasi yang berada di dalam pengadilan diatur oleh Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No. 1 Tahun 2008 yang mewajibkan ditempuhnya proses mediasi sebelum pemeriksaan pokok perkara perdata dengan mediatornya adalah hakim Pengadilan Negeri tersebut yang tidak menangani perkaranya.

Mediasi di luar pengadilan ditangani oleh mediator swasta, perorangan, maupun sebuah lembaga independen, alternatif penyelesaian sengketa yang dikenal sebagai Pusat Mediasi Nasional (PMN).

Kelebihan mediasi dibandingkan dengan penyelesaian melalui proses hukum acara perdata yaitu lebih sederhana dan efisien,waktu yang diperlukan lebih singkat, kerahasiaan lebih terjaga, lebih menjaga hubungan baik para pihak, hasil mediasi merupakan kesepakatan, berkekuatan hukum tetap, dan akses yang luas bagi para pihak yang bersengketa untuk memperoleh rasa keadilan. Demikian semoga bermanfaat.

Joko Mulyono, S.H., M.H., Advokat & Konsultan Hukum di Kantor Advokat & Konsultan Hukum Arwin Siregar & Associates, untuk berkomunikasi, hub sms/wa : 0811854927