Oleh : Timothy Alden Wicaksono

“PERJUANGANKU lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri” ~ Bung Karno

Itulah kata-kata Bung Karno yang benar-benar terjadi pada jaman sekarang. Memang benar, perjuangan kita sekarang lebih berat dari pada dahulu yang hanya mengusir penjajah.

Sedangkan tujuan kita sekarang ini adalah membasmi penjajah dari bangsa kita sendiri. Rasanya, Indonesia saat ini belum merdeka dalam aspek : kemiskinan, kejahatan, korupsi, krisis moral, dan pendidikan. Hal inilah yang membuat kita masih merasa terjajah.

Banyaknya praktek korupsi yang membuat resah masyarakat, kemiskinan dan kejahatan yang merajalela. Nah itulah hal-hal yang diingatkan oleh Bung Karno dari sejak puluhan tahun yang lalu.

Oleh sebab itu, mestinya pemerintah mengambil solusi cepat dengan melakukan penegakan hukum yang tegas, agar bisa memberantas korupsi, narkoba dan kejahatan lainnya.

Selain itu Indonesia juga wajib meningkatkan mutu pendidikan yang layak pada rakyatnya, yang bertujuan mengurangi pengangguran, kemiskinan yang semakin merajalela sekarang ini.

Jika hal ini bisa segera diwujudkan oleh bangsa ini, maka mudah-mudahan, penjajahan di Indonesia, baik oleh bangsa asing, maupun bangsa sendiri tidak terjadi. (Timothy Alden Wicaksono, Mahasiswa Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

SALAM REDAKSI : Buat kawan-kawan pelajar dan mahasiswa yang senang membaca, menulis, dan diskusi, yuks ekspresikan pendapatmu, ide, gagasan, dan opini di rubrik KAMPUS di media ini. Kirimkan artikel kalian, via email : redaksihallo@gmail.com, atau via wa/sms : 081915557788 / 085315557788. Terima kasih.