Hallobogor.com, Bogor Selatan – Moka atau Mojang Jajaka Kota Bogor merupakan Duta Budaya dan Pariwisata yang ada di kota Bogor dan dinaungi oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor. Anggotanya merupakan para finalis Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Bogor tiap tahun nya yang berusia 17 sampai 24 tahun.

Pasanggiri Moka (Mojang Jajaka) merupakan kontes pemilihan untuk mencari Duta Budaya dan Pariwisata yang diadakan tiap tahun. Kontes ini memiliki tiga indikator penilaian yang disebut 3B, yaitu: Brain, Beauty, dan Behavior.

Menurut Ketua Pasanggiri Mojang Jajaka Kota Bogor, Rangga Mandala, untuk dapat lolos menjadi Moka atau Duta Budaya dan Pariwisata, dibutuhkan pemikiran yang cerdas dan kreatif, penampilan yang menarik, dan kepribadian yang baik, sopan, ramah dan santun sebagai representasi sifat orang sunda.



“Jangan ragu dan takut, karena siapapun bisa menjadi Mojang Jajaka Kota Bogor. Yang penting punya tekad kuat dan komitmen yang tinggi untuk menjaga dan melestarikan budaya dan pariwisata Kota Bogor tercinta.” Kata Rangga kepada Hallobogor.com.

Pendaftaran Pasanggiri Moka dimulai sejak tanggal 29 Juli sampai 22 Agustus 2015. Seleksi tahap 1 dimulai tanggal 30 Agustus untuk mendapatkan 100 semifinalis yang akan melewati 3 hari masa karantina dan penilaian.

Kemudian akan dikerucutkan lagi menjadi 30 besar finalis. Tahap karantina finalis akan dimulai tanggal 8 September sampai 17 September, dan malam finalnya adalah tanggal 18 September.

Berikut adalah persyaratannya :
1. Berdomisili di Kota Bogor
2. Usia 17-24 tahun (terhitung 31 Desember 2015)
3. Pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat
4. Tinggi badan minimal 170 cm (Jajaka) dan 165cm (Mojang)
5. Belum pernah menikah dan bebas narkoba

Pendaftaran dan registrasi dilakukan secara online melalui www.mokakotabogor.com. CP: Kang Dala 081220494624 atau Kang Nata 08949156950.

“Tips dan sarannya sih percaya diri aja dan yakin pasti bisa. Jangan lupa belajar juga pengetahuan tentang Bogor nya,” ungkap Rangga. (cok)