Hallobogor.com, Bogor – Sub terminal Merdeka yang asal mula, sebagai tempat turun naik penumpang, kini beralih fungsi menjadi tempat parkir kendaraan. Pemberlakuan itu sejak adanya pelimpahan pengelolaan dari Dinas Lalu Lintas Angkutan dan Jalan (DLLAJ) ke
Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ).

Kepala Sub Terminal Merdeka, Iwan Kurniawan mengatakan, dilahan terminal seluas 2.775 meterpersegi pelimpahan sejak 2003, dan kini fungsi terminal hanya sebagai perlintasan bagi sekira 1.653 unit dari trayek 06A, 06,15, 07, dan 05.

“Pelimpahannya sudah sejak 2003, dan kini fungsi terminal hanya sebagai perlintasan kendaraan angkot. Untuk retribusi parkir kendaraan hanya dipungur sebesar Rp500/hari, dan sementara untuk retribusi parkir dikelola PD PPJ,” terang Iwan.



Meski kondisi saat ini di terminal tersebut sesak dengan banyaknya kendaraan angkot dan motor. Terminal yang terletak di bilangan Jalan Perintis Kemerdekan, Kota Bogor, rencananya pengelolaan akan dilimpahkan lagi ke DLLAJ, dan kini tengah dibahas di Pemkot.

“Ada kabar rencana pengelolaan terminal akan dilimpahkan lagi ke DLLAJ dan tengah dibahas Pemkot Bogor,”pungkasnya. (dan)