Hallobogor.com, Bogor – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor mensosialisasikan sejumlah program pelayanan baik yang rutin maupun strategis. Program tersebut disosialisasikan langsung Kepala BPN Kota Bogor, Ery JP, dalam briefing staf di Paseban Sri Bima Balaikota Bogor, Selasa (20/6/2017).

Ery JP menjelaskan, program strategis BPN antara lain Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) atau yang biasa disebut Prona. Untuk tahun 2017 ini terdapat sebanyak 550 bidang PTSL di Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat. “Program ini sudah selesai tinggal pembagiannya,” ucapnya. 

Program strategis lainnya yakni pengadaan tanah di Bogor Outing Ring Road (BORR) yang sudah selesai 100%. Sementara yang belum selesai yaitu terkait megaproyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang tersisa 51 bidang tanah yang belum dibebaskan.

Sedangkan untuk program layanan rutin, terdiri dari sertifikat dan pemeliharaan data. Sertifikat untuk bidang tanah yang belum bersertifikat, sementara pemeliharaan data untuk tanah yang sudah bersertifikat kemudian ingin dialihkan baik melalui jual beli atau cara lainnya.

Program lainnya yang disosialisasikan yaitu terkait inovasi layanan yang dibuat BPN. Dari cara berpakaian yang rapi hingga mengubah mental yang tadinya dilayani menjadi melayani. 

Ery menambahkan, BPN saat ini memiliki inovasi mengenai Indeks Kepuasan Masyarakat. “Jadi bagi masyarakat yang merasa tidak puas dengan layanan BPN tinggal mengklik alat semacam handphone yang tersedia di tiap-tiap loket BPN,” pungkasnya. (dns)