Hallobogor.com, Bogor – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor melaporkan situasi arus lalin di jalur Jalan Raya Puncak dan Bocimi pada Hari Raya Idul Adha, Jumat pagi (1/9/2017) pukul 07.00 Wib. Satlantas mencatat sedikitnya 8 titik kemacetan di dua jalur tersebut.

Khusus di gerbang tol Ciawi, sejak pukul 06.30 Wib sudah mengular sepanjang 1 kilometer lebih. Antusiasme masyarakat yang menuju ke kawasan Puncak cukup tinggi dilihat dari jumlah kendaraan yang cukup meningkat yakni sejak pukul 00.00-06.00 Wib. Tercatat jumlah kendaraan keluar tol 11.692 unit, masuk tol 3.205 unit, sehingga jumlahnya mencapai 14.897 unit.

Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, menjelaskan, khusus jalur Puncak atau Bopuncur (Bogor – Puncak – Cianjur) titik kemacetan meliputi; Pasirmuncang (antrean berkisar 500 meter karena hambatan bottle neck), Pasir angin (hambatan karena keluar masuk kendaraan), Simpang Megamendung (arus lalin cukup padat naik turun, hambatan karena keluar masuk kendaraan yang mau menuju villa dan sekitarannya, serta badan jalan yang cukup kecil), Taman Wisata Matahari (kendaraan kecil sudah mulai memasuki kawasan wisata tersebut sehingga praktis arus lalin sedikit terhambat), Simpang Taman Safari (merupakan kawasan favorit yang menjadi

masterpiece dari kawasan Puncak, tentunya kendaraan keluar masuk menjadi hambatan tersendiri, namun arus lalu lintas lancar), dan Simpang Warung Kaleng (arus lalin terpantau lancar dan tidak ada antrean karena keluar masuk kendaraan).

Sementara kepadatan di kawasan Bocimi meliputi; Simpang ciawi (yang merupakan simpang pertemuan menuju Kota Bogor, Sukabumi dan ke Puncak terdapat antrean dari masyarakat yang turun naik menggunakan transportasi umum), Jembatan Cisadane (pengerjaan jembatan sedang berlangsung sehingga harus dibuat sistem buka tutup jalan dan kendaraan melintas secara bergantian, untuk arus kendaraan masih lancar dan antrean sepanjang 20 meter).

“Jumlah personel Polri yang tergelar di kawasan Bopuncur dan Bocimi terdiri dari polisi lalu lintas 100 orang, Sabhara 60 orang, Brimob 30 orang, gabungan Polsek Ciawi-Megamendung-Cisarua 60 orang,” jelas Kasatlantas.

Sedangkan tindakan yang dilakukan Satlantas dalam mengatasi kemacetan di kawasan Puncak pada Hari Raya Idul Adha ini, kata AKP Hasby Ristama, pada pagi hari tidak dilaksanakan sistem one way ke atas mengingat masih suasana lebaran Idul Adha dan merupakan kesempatan warga masyarakat lokal untuk bersilahturahmi di wilayah Puncak.

“Oneway arah ke bawah akan direncanakan pada pukul 14.00 Wib yakni kendaraan yang menuju ke Puncak akan dihentikan dan mengutamakan kendaraan yang turun ke bawah,” ujarnya. 

Terkait hal ini, kepolisian menyarankan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati saat melintas karena banyaknya penyeberang jalan. Apabila masyarakat ada yang ingin ke Puncak pada pukul 14.00-17.00 Wib maka disarankan agar bisa berangkat ke Puncak mulai pukul 17.30 Wib karena pada saat jam tersebut, oneway menuju ke bawah sedang berlangsung dan praktis akan mengantri di sekitaran rest area 45 dalam waktu yang lama.

Selain itu, ada baiknya pupa masyarakat mengikuti arahan kepolisian, mengikuti sosmed TMC Polres Bogor baik di instagram dan twitter agar mengikuti informasi terbaru di kawasan Puncak.

“Untuk jalur Bocimi sendiri masih terdapat pembuatan jembatan sehingga masih dilaksanakan buka tutup, dimohon masyarakat dapat tetap mengantri dan mengikuti petunjuk dari petugas dilapangan sehingga tidak menciptakan kemacetan tambahan,” imbuh AKP Hasby Ristama. (cep)