Hallobogor.com, Bogor – Bibin Rubini secara resmi kembali dilantik menjadi Rektor Universitas Pakuan (Unpak) Bogor masa bakti 2017-2022. Pelantikan dilangsungkan di Gedung Yayasan Pakuan Siliwangi, Kampus Unpak, Kota Bogor, Rabu (31/05/2017).

Bibin kembali dipilih oleh Yayasan Pakuan Siliwangi atas kiprahnya selama dua periode menjabat sebagai rektor. Bibin mengatakan, ke depan dirinya sudah menyiapkan berbagai rencana strategis yang difokuskan kepada peningkatan kualitas akademik dan kemahasiswaan dengan cara mendorong dosen dan fungsional yang sudah S2 untuk kuliah S3 dan yang sudah S3 didorong menjadi guru besar. 

Ia juga akan meningkatkan modernisasi kampus dengan membangun kampus yang modern melalui lingkungan belajar yang kondusif demi pembentukan karakter mahasiswa. 

“Kami juga akan memanfaatkan Information and Comunication Technology (ICT) di kampus. Mulai dari Sistem Informasi Manajamen, e-Liblary, pembayaran keuangan lewat e-Banking dan sistem kepegawaian, arsip dan asset dengan IT,” ucapnya.

Bibin menuturkan, kebijakan strategis yang juga akan dilakukan yakni peningkatan kualitas lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat melalui hasil karya ilmiah dari pada dosen Unpak. Tak hanya itu, kesejahteraan dosen, karyawan dan mahasiswa juga akan diperhatikan. 

“Unpak Bogor juga akan membangun jejaring dengan perguruan lain agar lulusan Unpak setara dengan lulusan dari universitas dalam negeri atau luar sebagai upaya menghadapi MEA,” jelasnya.

Untuk mendukung hal tersebut, Unpak saat ini sudah memiliki sistem penjaminan mutu internal dan implementasinya. 33 Bidang Studi di Unpak pun sudah terakreditasi A dan B hanya ada satu bidang studi yang masih C namun sedang proses untuk meraih B. Keunggulan Unpak lainnya yakni tetap mempertahankan kearifan lokal yang dimiliki Kota Bogor yakni silah asah, silih asih dan silih asuh.

“Kami ingin mahasiswa mendapatkan harapannya di kampus ini sekaligus membentuk insan yang tangguh dan berkarakter,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya, mengaku tidak terkejut dengan dilantiknya kembali Bibin Rubini. Sebab, kiprah Bibin selama dua periode sebelumnya memang sudah diakui mulai dari pembangunan fisik hingga peningkatan kualitas pendidikan. 

“Seleksi kepegawaian di Pemerintahan Kota Bogor juga dibantu Unpak dan banyak PNS Pemkot Bogor yang kuliah atau melanjutkan studi di Universitas Pakuan,” pungkasnya. 

Hadir pula dalam acara pelantikan Bupati Bogor Nurhayanti, Muspida dan Civitas Akademi. (dns)