Hallobogor.com, Bogor – Ratusan anggota dan pengurus Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kota Bogor menggelar Safari Buru ke wilayah Cikidang, Sukabumi, Jumat (11/5/2018). Rombongan Safari Buru Perbakin Kota Bogor ini dilepas anggota kehormatan Perbakin yang juga Calon Wali Kota dan Calon Wakil Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto dan Dedie Abdul Rachim, di GOR Pajajaran.

Selain dihadiri Ketua KONI Kota Bogor sekaligus pelatih Perbakin Kota Bogor Benninu Agroebie, event olahraga ini diikuti pula oleh anggota Perbakin senior sekaligus Ketua Perbakin Bidang Berburu PB Perbakin Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Budi Waseso, Jenderal (Purn) Alvan, para sesepuh dan senior Perbakin. Selain itu, anggota Perbakin Kota dan Kabupaten Bogor, DKI Jakarta, Sukabumi, Tangerang, dan Garut.

Anggota dan pengurus Perbakin sendiri sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas peran aktif Bima Arya di Perbakin.

“Anggota aktif Perbakin Kota Bogor lebih dari 300 orang. Saya dan Kang Dedie berharap kegiatan olahraga Safari Buru ini bisa mempererat silaturahim antaranggota dan bermanfaat bagi masyarakat serta lingkungan,” singkat Bima Arya.

Kegiatan olahraga menembak yang juga bertujuan mengurangi populasi hama babi hutan pengganggu tanaman petani ini juga dibarengi dengan bakti sosial di beberapa tempat yang penduduknya didatangi Perbakin.

Budi Waseso yang kerap disapa Buwas ini sendiri memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan olahraga menembak dan bidang berburu khususnya. Mantan Kepala BNN yang kini menjabat Dirut Perum Bulog ini selalu aktif dalam setiap event-event Perbakin. Saat masih menjabat sebagai Kepala BNN, Buwas kerap menyisipkan iklan positifnya tentang bahaya narkoba, sehingga stiker jargon “STOP NARKOBA” selalu terpampang di kendaraan para pemburu.

Dalam kesempatan tersebut, Buwas menekankan kepada seluruh anggota agar menjaga kedisiplinan, sportivitas, dan kemahiran yang positif dalam menggunakan senjata sesuai dengan peraturan.

Sementara itu, salah seorang anggota aktif Perbakin Kota Bogor, Iwan Darmawan, menambahkan, seluruh anggota Perbakin telah memahami cara-cara penggunaan senjata api serta kepemilikannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Di mana, yang telah lulus menjadi anggota Perbakin berarti telah berhasil melalui tahapan-tahapan ujian dan penataran sehingga memiliki sertifikat yang sah sebagai anggota Perbakin.

“Saya bangga berada satu club di Garuda Shooting and Hunting Club dengan pak Buwas. Dengan kegiatan rutin yang positif ini sangat bagus untuk dipertahankan, karena selain hobi dapat tersalurkan dengan baik juga melatih kedisiplinan serta memahami peraturan tentang berburu, penggunaan dan pemilikan senjata api yang benar dan memahami kaidah-kaidah konservasi serta pelestarian lingkungan,” ungkap Iwan Darmawan yang juga aktif di sejumlah ormas serta akrab di kalangan media. (cep)