Hallobogor.com, Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerima dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 460 juta dari Bank Jabar Banten (BJB). Penyerahan dana tersebut diterima oleh Ketua Forum CSR Kota Bogor Toto M. Ulum, dan disaksikan Walikota Bogor Bima Arya, di Balaikota Bogor, Jumat (29/4/2016).

Penyerahan dana CSR rutin dilakukan setiap tahun kepada Pemkot Bogor selaku pemegang saham BJB. Saat ini Pemkot Bogor mempunyai saham sebesar 0,48 persen atau sekitar Rp 11,6 Miliar.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, Manager Bisnis Comercial Bank Jabar Banten (BJB), Astra Pawanendra mengatakan, CSR ini tidak diserahkan dalam bentuk tunai. Dana tersebut diserahkan kepada Forum CSR berdasarkan kegiatan forum yang mengelola CSR. Forum CSR bertugas untuk mengelola sekaligus menyalurkan dana CSR sesuai dengan kebutuhannya.

“Dana ini diperuntukan bagi masyarakat untuk kegiatan CSR maka bisa menggunakan dana CSR BJB yang diajukan ke Forum, dari Forum baru dicairkan BJB,” jelas Astra.

Dana CSR sebesar Rp 460 ini bisa digunakan pada banyak kegiatan CSR yang sifatnya sosial, lingkungan dan pembangunan di Kota Bogor. Astra juga menuturkan, BJB sengaja menggandeng Forum agar dana CSR dapat digunakan sesuai dengan visi misi pembangunan Kota Bogor. Sehingga dampaknya bisa dirasakan dengan lebih menyeluruh ke masyarakat dan tepat sasaran.

“Dana CSR tahun kemarin sebesar Rp 420 juta terserap semua. Kami juga tetap melakukan pengamanan dan monotoring saat pencairan dana dalam bentuk cek,” ucapnya.

Sementara itu, Toto M. Ulum mengatakan, peruntukan dana CSR tahun ini akan dirapatkan terlebih dahulu bersama Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita dan SKPD terkait. Namun, yang jelas dana ini akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur, kegiatan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), permodalan dan pemasaran. Seperti pemberdayaan ibu-ibu dari keluarga miskin yang dilatih membuat usaha, membangun posyandu, madrasah, MCK dan masih banyak lagi.

“Dana ini mencakup semua bidang yakni pendidikan, sosial dan ekonomi yang semuanya untuk masyarakat,” tukas Toto. (hrs).