Hallobogor.com, Bogor – Sebagai rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember 2018 lalu, Camat Bogor Selatan Sujatmiko pada Selasa (20/11/18) menggelar Festival Buah Nangka. Acara berlokasi di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Jalan Pahlawan, Kota Bogor.

Festival ini diadakan sebagai bentuk upaya mempromosikan wisata buah nangka dan menggali potensi produk-produk makanan berbahan dasar buah berwarna kuning dan memiliki wangi khas tersebut.

Festival ini pun mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan, di antaranya politisi PDI Perjuangan Dadang Danubrata. Bahkan dirinya menyarankan agar lokasi pusat penjualan buah Nangka di Kota Bogor yakni di gerbang masuk TMP Dreded ini lebih ditata agar lebih bersih dan rapi sehingga wisatawan mau berkunjung.

“Saya sebagai warga Bogor Selatan sangat merespons positif sekali gelaran Festival Buah Nangka ini. Karena memang sebelumnya wilayah di sini sudah dikenal dengan penjual nangka, tinggal yang saya lihat penataannya saja,” ujar Dadang.

Pada kesempatan tersebut Dadang menjelaskan, yang dimaksud penataan di sini adalah peningkatan tempat berjualan agar lebih rapi dan bersih serta penyajian yang menarik sehingga akan lebih mendongkrak lagi pembelian karena banyak pengunjung yang datang.

“Jadi di sini ada dua objek sejarah bagi anak didik kita, selain dituju TMP juga keberadaan penjual nangka. Sekali lagi saya ucapkan saya sangat mendukung, bergotong royong juga dengan panitia sehingga acara ini terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Dadang Danubrata yang kini menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor menegaskan, dalam penataan penjual nangka tersebut harus melibatkan dinas-dinas terkait.

“Pastinya harus ada kerja sama dari berbagai pihak di antaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Koperasi dan UMKM, karena yang ada di sini semua para pelaku UMKM, bagaimana caranya memberikan fasilitas seperti di Gang Slot atau Sukasari dengan dibuatkan tenda permanen, dan saya yakin ketika diajak bergotong royong mereka bersedia,” jelasnya.

Dadang berharap juga acara tersebut bisa menjadi agenda yang rutin. Setidaknya ini sebagai bentuk upaya mempromosikan para pelaku UMKM khususnya di wilayah Bogor Selatan ke pasaran yang lebih luas lagi.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa Kota Bogor ini sudah dikenal dengan wisata kuliner oleh masyarakat luas, sehingga dengan adanya sentra industri kreatif dan wisata seperti ini, akan semakin banyak kunjungan wisatawan tak hanya terkonsentrasi di pusat kota saja tapi menyebar ke seluruh Kota Bogor salah satunya penjual Buah Nangka,” pungkasnya. (dns)