Hallobogor.com, Cisarua – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Persatuan Homestay Malaysia menggelar Malam Pagelaran Budaya di Hotel Ever Green, Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Senin malam (21/11/2016). Acara ini merupakan rangkaian program Jelajah Budaya Nusantara dari 20-23 November 2016.

Acara ini dihadiri YBhg Datuk Hj. Ab. Ghaffar bin A Tambi selaku Timbalan Ketua Setiausaha (Kebudayaan) Kementerian Pelancongan dan Kebudayaan Malaysia, Presiden Persatuan Homestay Malaysia Datuk H. Shahariman, Kepala Disparbud Kabupaten Bogor Rahmat Sujana, dan Kepala BPPD Kabupaten Bogor Zaenal Safrudin. Turut hadir pula Direktur BUMD Sayaga Wisata Kabupaten Bogor Supriyadi Jufri, para pimpinan hotel di Bogor, travel agen, guide, Kadin, pelaku pariwisata, Forum Desa Wisata, dan Kompepar.

Kepala BPPD Kabupaten Bogor, Zaenal Safrudin, mengatakan, kerja sama dengan Persatuan Homestay Malaysia khususnya Kota Pahang sudah berjalan sejak awal 2016. “Acara kali inu adalah yang kedelapan. Ini penutup acara pada tahun 2016,” katanya.

Zaenal Safrudin menjelaskan, selama ini Bogor dan Pahang telah bekerjasama dalam tiga hal. Pertama, promosi wisata bersama antara Bogor-Pahang. Di mana selama satu tahun ini media-media di Malaysia selalu mempromosikan wisata Bogor. Bergitu pula sebaliknya.

Kedua, melakukan pertukaran seni budaya dan membuat paket-paket wisata dengan memadukan objek wisata.

Dan ketiga, mengembangkan sport tourism (golf, adventure, paralayang, gantole, dan motocross).

Pada tahun 2017 mendatang, kerja sama ditambah dua poin. Yakni, pertukaran pegawai pariwisata agar lebih berkualitas dan pengembangan UMKM di mana dalam setiap kunjungan kedua kota membawa produk unggulannya.

Sejak MoU diteken, kata Zaenal Safrudin, terjadi peningkatan kunjungan wisatawan baik dari Malaysia ke Bogor dan sebaliknya. Baik secara individu maupun kelompok. “Peningkatannya 20 persen,” ucapnya.

Dijelaskannya, tanggal 8-11 Desember 2016, giliran Bogor diundang ke Malaysia. “Tanggal 19-nya ada event golf Malindo, Malaysia Indonesia. Dalam event ini akan datang 1.000 orang Malaysia ke Bogor. Pada September 2016 saja saat event Bogor Wonderfull Golf, orang Malaysia yang datang 260 orang. Jadi ini juga untuk meningkatkan silaturahmi dan persaudaraan,” ungkap dia.

Presiden Persatuan Homestay Malaysia, Datuk H. Shahariman, mengakui hal serupa. “Bahkan saya melihat Bogor punya kekuatan bagus, terutama si bidang sport tourism. Bogor punya banyak lapangan golf bagus. Tinggal dikembangkan lagi kulinernya, ekosistem, dan home industrinya,” katanya.

Direktur Sayaga Wisata Kabupaten Bogor, Supriyadi Jufri, menambahkan, kerja sama ini bersifat simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. “Selama ini turis asal Malaysia lebih banyak ke Bandung. Tetapi sekarang dari Jakarta sudah langsung ke Bogor. Di Bogor juga banyak destinasi wisata unggulan seperti wisata alam, pusat belanja, pusat kuliner dan oleh-oleh, outlet, dan UMKM. Ini yang harus dijual. Karena banyak juga biro perjalanan yang terlibat dari kedua negara, jadi masing-masing kota bisa mengurus perjalanan wisatawan,” paparnya. (cep)