Hallobogor.com, Bogor – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor tahun ini membagikan 250 sertifikat tanah secara gratis melalui Program Operasi Nasional Agraria (Prona). Untuk kali ini, setidaknya 63 sertifikat tanah dibagikan kepada warga Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (1/6/2016).

Seusai penyerahan sertifikat tanah, Kepala BPN Kota Bogor, Yulia Jaya Nirmawati mengatakan, kegiatan ini berbagi kebahagiaan kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Kebetulan momemtumnya bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Bogor.

“Peringatan hari lahir Bogor tidak sekedar pesta rakyat tapi rakyat mendapatkan haknya. Prona ini sumber anggaran dari negara. Untuk tahun 2016 sebanyak 250 sertifikat gratis akan dibagikan,” kata Yulia ditemui di Majlis Taklim Roudotul Ummahat Jalan Ahmad Yunus, RW 04, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, seperti dikutip Halloapakabar.com, Rabu (1/6/2016) sore.

Sementara itu Walikota Bogor Bima Arya yang hadir saat itu menyampaikan, kegiatan ini salah satu upaya untuk pengentasan kemiskinan. Kerjasama Pemkot Bogor bersama BPN Kota Bogor melalui Prona rutin dilakukan setiap tahun dan mulai digencarkan pada tahun 2014. “Kerjasama kita membantu menfasilitasi titik mana saja warga yang memang membutuhkan,” kata Bima.

Menurutnya, ke 63 Kepala Keluarga yang mendapatkan sertifikat tanah secara gratis di Kecamatan Tanah Sareal, dari luasan bidang tanah variatif maksimalnya 200 meter persegi. “Kami berharap ini bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan,” ujarnya.

Bima juga melanjutkan, Pemkot Bogor dalam membantu warga dengan program penghapusan PBB-P2 dibawah Rp100 ribu. Sehingga kebijakan seperti ini mudah-mudahan bisa dirasakan serta menyentuh langsung kepada masyarakat.

Sementara wilayah terbanyak yang perlu mendapatkan sertifikat tanah secara gratis, kata Bima, Kecamatan Bogor Barat dan Selatan. “Saya kira memang Bogor Barat dan Bogor Selatan itu masih tinggi angka kemiskinan. Untuk pendidikan dan kesehatan kami juga bantu lewat jalur lain,” sebutnya. 

Masih di lokasi, Ketua RW04, Jafar mengatakan, warga sangat senang dengan adanya pembagian sertifikat gratis ini karena memang dibutuhkan. Ia berharap bisa dipergunakan dengan baik oleh masyarakat terlebih warga RW04 ada 16 kepala keluarga penerima sertifikat. “Memang sangat terbantu setelah bertahun-tahun tanpa mempunyai sertifikat, saat ini tanah warga sudah punya legalitas yang sah,” kata Jafar. (hrs).