Hallobogor.com, Bogor – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019 mulai disosialisasikan. Salah satunya di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Penyuluhan atau sosialisasi PTSL ini disampaikan oleh Kepala Seksi Hubungan Hukum Pertanahan BPN Kota Bogor, Nono Sukirno,
didampingi Sekretaris Kecamatan Bogor Tengah Abdul Wahid, Lurah Sempur Rena Da Frina dan dihadiri RT, RW, tokoh masyarakat, serta para warga Kelurahan Sempur, pada Kamis (24/01/19).

Lurah Sempur, Rena Da Frina mengatakan, sebanyak 967 bidang tanah di Kelurahan Sempur belum memiliki sertifikat tanah. Maka pihaknya menargetkan 967 bidang tanah tersebut mengikuti program PTSL 2019. “Jadi ada sekitar 967 bidang tanah di kelurahan Sempur itu belum bersertifikat, kami targetkan mengikuti program PTSL,” ucap Rena.



Sementara ini, memurut Rena, masyarakat banyak yang mempertanyakan tentang teknis mengikuti program PTSL tersebut, di antaranya persyaratan, batas/patok serta kaitan dengan ahli waris.

“Yang penting kami terus berkoordinasi antara RT, RW, Kelurahan, Kecamatan dan BPN. Rekan-rekan dari BPN juga sudah siap membantu sampai tuntas. Harapan saya dalam program PTSL ini bisa memenuhi target dan cepat terselesaikan tanpa ada masalah,” jelasnya.

Sementara itu, Nono Sukirno menegaskan bahwa program PTSL tidak ada pungutan di luar ketentuan yang sudah ditetapkan. Jika ditemukan pungutan, pihaknya akan melacak permasalahan yang ditemukan.

“Yang membedakan dengan program PTSL sebelunya adalah program PTSL tahun 2019 ini kami tidak lagi dibantu Pokmas tetapi langsung dari aparat kelurahan dan kecamatan yang dibantu oleh RT/RW,” ujar Nono.

Untuk target PTSL ini disesuaikan dengan tahun anggaran, namun diharapkan bisa lebih cepat, sebab dengan program PTSL segala sesuatunya dimudahkan, bahkan pengumumannya hanya 14 hari.

“Oleh karena itu jika dari pihak RT/RW menghendaki ada penyuluhan atau sosialisasi ke tingkat yang lebih rendah kami sudah siap. Jika ditemukan permasalahan kami akan koordinasi dengan Kelurahan, Kecamatan dan juga dengan pihak lembaga peradilan baik itu Kepolisian maupun Kejaksaan,” tuturnya.

Ia menambahkan Keunggulan program PTSL adalah dalam prosesnya cepat, murah dan masyarakat juga dimudahkan.

“Dengan program ini diharapkan dengan masyarakat mempunyai sertifikat tanah tingkat kehidupan mereka bisa lebih makmur dan lebih sejahtera, karena dengan sertifikat itu membantu perekonomian masyarakat dan bisa menambah kepercayaan pihak perbankan ketika dijadikan agunan oleh masyarakat untuk menambah permodalan dalam menjalankan usaha,” pungkasnya. (dns)