Hallobogor.com, Cibinong – Bupati Bogor Ade Yasin melakukan inspeksi secara mendadak terhadap kinerja aparatur sipil negara yang bertugas di lingkungan pemerintah kabupaten setempat usai libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Badan Pendapatan Daerah (Bapeda), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong,” katanya di Cibinong, Rabu (2/1/2019).

Ia menjelaskan inspeksi tersebut lebih diutamakan kepada kantor atau dinas yang mempunyai fungsi maupun tugas utama pelayanan terhadap masyarakat.

Pasalnya, katanya, sering kali usai libur Natal, Tahun Baru, Lebaran banyak ASN tidak optimal dalam menjalankan tugasnya.

Oleh sebab itu, usai apel pagi ASN dari berbagai organisasi perangkat daerah, dirinya langsung melaksanakan inspeksi di beberapa tempat.

Nantinya, kata dia, inspeksi serupa mengarah kepada dinas lainnya.

Dalam inspeksi itu, ia meminta kepada ASN untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat umum.

“Kalau RSUD selain peningkatan mutu maupun kualitas pekerja tetapi juga pada ruang tunggu pasiennya. Dan harus tetap menjaga kelayakan bangunan agar pasien maupun kesehatan masyarakat mampu lebih terjamin,” katanya.

Ia meminta para ASN mempersiapkan segala keperluan sebelum berangkat dan memulai bekerja agar setiap kantor pelayanan publik dapat melayani masyarakat secara optimal.

“Fokus kami pelayanan masyarakat, usahakan para ASN menyiapkan semuanya sebelum berangkat kerja, jangan sampai pekerjaan terganggu karena belum sarapan,” katanya.

Ia juga memeriksa kinerja pelayanan aparatur di beberapa ruangan.

Di rumah sakit, ia juga berdialog dengan pasien maupun masyarakat terkait dengan pelayanan oleh petugas atau tenaga medis.

Dalam inspeksi di tiga tempat tersebut, Bupati Ade Yasin tidak menemukan pegawai atau ASN yang tidak masuk dengan berbagai alasan.

Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan juga membenarkan telah melakukan inspeksi di dua dinas dan RSUD Cibinong.

Kegiatan itu sebagai upaya antisipasi terhadap ASN yang mencoba membolos setelah libur panjang.

Pada kepala OPD, camat, dan pimpinan Badan Usaha Milik Daerah juga diminta melakukan inspeksi kepada kinerja pegawai.

“Untuk mengetahui apakah ada yang mangkir setelah libur panjang,” katanya. seperti dikutip Indonesiaraya.co.id . (mfd)