Hallobogor.com, Cibinong – Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin, melepas 1.500 peserta jalan sehat yang diselenggarakan institut Ummul Quro Al-Islami Bogor.

Pelepasan para peserta jalan sehat bertempat di lapangan olahraga Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor, Minggu (27/1/2019).

“Jalan sehat dalam rangka Harlan ke-3 dari institut Ummul Quro Al-Islami Bogor yang memiliki peranan penting pada dunia pendidikan,” katanya.



Kegiatan jalan sehat ini merupakan salah satu rangkaian untuk mengajak masyarakat berolahraga. Ini juga sebagai ajang memperkenalkan Institute Ummul Quro Al-Islami kepada masyarakat Kabupaten Bogor.

Menurut Bupati, anak-anak saat ini sudah banyak yang belajar bahasa Inggris di Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor.

Selain itu, memberikan satu hari yang jatuh setiap Rabu untuk berbahasa dan bercakap menggunakan bahasa Sunda.

“Itu agar orang Bogor tidak lupa bahasanya dan melestarikan budaya Sunda,” tandas Bupati.

Hal ini dikarenakan banyaknya kaula muda pada daerah setempat yang sudah melupakan budaya maupun bahasa daerahnya.

Namun dengan terobosan baru di institut Ummul Quro Al-Islami Bogor merupakan salah satu cara agar budaya maupun bahasa Sunda mampu dimengerti dan bisa mendunia.

“Karena bahasa daerah itu penting, dan nantinya akan diwajibkan setiap sekolah, baik sekolah dasar(SD) hingga universitas negeri Kabupaten Bogor dapat menggunakannya untuk keseharian,” katanya.

Bupati juga meminta dalam gelaran jalan sehat merupakan salah satu contoh terbaik agar anak didiknya mampu dapat bersosialisasi dengan masyarakat lainnya. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (faj)