Hallobogor.com, Cibinong – Bupati Bogor Ade Yasin memaparkan sejumlah program pembangunan di daerahnya yang disebutnya sebagai Panca Karsa, terkait 100 hari kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan.

“Disebut ‘Panca Karsa’, yakni lima program andalan bernama Bogor Cerdas, Bogor Sehat, Bogor Maju, Bogor Membangun, serta Bogor Berkeadaban,” kata Bupati Bogor Ade Yasin, di Cibinong Bogor, Senin (8/4/2019).

Sebelumnya, Ade Yasin usai menghadiri Bogor Fest 2019 di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor, Minggu (7/4/2019) menjelaskan, khusus Bogor Cerdas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sudah mengalokasikan sejumlah anggaran, yaitu sebesar 28 persen dari APBD 2019 yang nilainya mencapai Rp6,2 triliun.



“Dana sebesar itu untuk merevitalisasi 1.920 ruang kelas, menaikkan insentif guru honor sebesar Rp22 miliar, pengembangan digitalisasi sekolah sebesar Rp65 miliar, hingga pembagian 81.638 kartu Bogor Cerdas,” ujarnya.

Kemudian pada program Bogor Sehat, Ade Yasin secara perlahan meluncurkan Kartu Bogor Sehat, yang target pembagiannya mencapai 700.000 keping.
Kartu ini merupakan layanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Bogor layaknya kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Ade Yasin juga mulai membangun tujuh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) guna mewujudkan program Bogor Maju.

Ketujuh UPT itu tersebar di Kecamatan Parung, Rumpin, Cibungbulan, Leuwisadeng, Ciawi, Cijeruk, dan Cileungsi.

“Ada juga peluncuran Beras Carita Makmur, peluncuran Kartu Tani, peresmian Career Center, dan meluncurkan memori kemiskinan, sebagai upaya untuk memetakan kebijakan penanggulangan kemiskinan,” paparnya.

Selanjutnya, mengenai program Bogor Membangun, Pemkab Bogor juga memulai beberapa hal, mulai dari peletakan batu pertama Graha Pancakarsa, mencanangkan program Bogor Asri Tanpa Plastik (Antik), pelestarian lingkungan, dan pengelolaan sampah secara zonasi.

Terakhir, dalam program Bogor Berkeadaban, Ade Yasin membuat gebrakan melalui Program Jumat Mengaji.

Program ini dikemas dengan acara “Bogor Ngaos” yang dilakukan serentak di setiap sekolah se-Kabupaten Bogor Jawa Barat.

“Yang juga selalu dinanti oleh masyarakat adalah program Saba Warga Bupati dan Wakil Bupati, yaitu Boling (Rebo Keliling). Selain itu, program Jumat Keliling (Jumling), program Nongol Babat (Nobat), dan Bogor Culture Night, masuk ke dalam Karsa Bogor Berkeadaban,” kata Ade Yasin menambahkan. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (thm)