Hallobogor.com, Cibinong – Bupati Bogor Ade Yasin menyatakan tiga kecamatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, siap mendukung program swasembada pangan nasional yang digulirkan pemerintah pusat.

“Wilayah lumbung padi yang kami miliki sangat potensial, yakni Kecamatan Cariu, Tanjung Sari, dan Kecamatan Sukamakmur. Ketiga kecamatan ini siap swasembada pangan,” katanya di Cibinong, Bogor, Kamis (14/3/2019).

Menurut dia, sejak 2017 Pemerintah Kabupaten Bogor mulai mengoptimalkan 5.186 hektare areal persawahan.Kini program optimalisasi sawah di tiga kecamatan tersebut mulai terbukti dengan tingginya produktivitas padi di Kabupaten Bogor.



“Kalau semua sudah cukup disediakan di sini, ke depan Kabupaten Bogor bisa swasembada pangan 100 persen,” kata Bupati.

Menurut dia, sekitar 61persen produksi beras lokal telah memenuhi kebutuhan pangan 5,8 juta penduduk Kabupaten Bogor.

Beras produksi lokal “Carita Makmur” salah satunya yang diluncurkan pada Rabu (13/3/2019), juga bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Bogor dalam mencegah punahnya beras lokal.

Untuk sementara ini, beras “Carita Makmur” akan didistribusikan rutin ke aparatur sipil negara atau pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bogor. Demikian, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (ahm)